Pelatihan Bersama ESAR Gunung Hutan di Gunung Burangrang

Pelatihan Bersama ESAR Gunung Hutan di Gunung Burangrang

Milenianews.com, Mata Akademisi – Saya Bersama 6 orang temen dari komunitas MAPALA Natural Forum kampus STEI SEBI, Depok mengikuti Latihan Bersama ESAR Gunung Hutan yang dilakukan pada hari Jumat, 15 Desember 2023-Ahad, 17 Desember 2023 bertempat di Gunung Burangrang, Cimahi, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Kegiatan E-SAR diselenggarakan oleh FKP 30 Jawa Barat, Badan SAR, Vertical Rescue Indonesia serta di dukung oleh Basarnas dan di sponsori oleh Eiger. Kegiatan ini diikuti  113 orang peserta dari berbagai daerah Indonesia yang bergabung menjadi satu dalam pelaksanaan kegiatan Latihan Bersama Gunung Hutan.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Kami sampai di lokasi camp, Jumat 15 Desember 2023, pukul 13.30 dan langsung melakukan registrasi. Setelah registrasi panitia memberikan pita oren sebagai tanda peserta, serta beberapa perlengkapan lainnya seperti Kompas dan  peta.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung

Di hari pertama pada pukul 14.15-15.15 dimulai dengan materi pertama yaitu navigasi darat dengan pemateri keren Kang Muhammad Azzam. Materi nya cukup menarik dan mudah dimengerti.

Ia menjelaskan kegunaan Kompas, peta hingga cara perhitungan sudut yang ada pada peta dan Kompas. Sore harinya peserta melakukan praktik navigasi dengan membuat regu, masing-masig regu berisi tiga orang.

Setelah praktik navigasi selesai, panitia mengrahkan peserta untuk membuat 10 seru atau yang biasa dikenal dengan sebutan kelompok. Lanjut, malam hari pada hari pertama yaitu penyampaian materi kedua tentang komunikasi oleh Pak Omen dari Wanadri.

Materi komunikasi ini sangat penting untuk dipelajari karena tidak semua kondisi bisa mengandalkan internet atau media sosial. Apalagi ketika keadaannya sedang di perbukitan atau penggunungan. Nah alat yang dapat digunakan biasanya yaitu handy talky dan ada pula  beberapa kode morse yang harus kita ketahui.

Sabtu, 16 Desember 2023 hari kedua agenda diawali dengan apel pembukaan ESAR Gunung Hutan di lapangan area camp. Setelah itu pada pukul 08.30-10.30 penyampaian materi ketiga yaitu  animal rescue dengan bintang tamu yang sangat keren yaitu Steve Ewo. Pada materi ini Steve Ewon membawa hewan yaitu ular, dengan 3 ular yang dibawa sebagai contoh praktek penyelamatan hewan.

Setelah itu lanjut materi ke-4 terkait MFR (Medical First Rescue) dengan pemateri yang Bapak Taupik Hidayat. Pertama-tama peserta diberi pemahaman terlebih dahulu terkait pengertian, macam-macam luka, jenis-jenis alat, hingga bagaimana cara mengatasinya. Setelah pemberian materi dilanjutkan  dengan praktik langsung seperti bagaimana cara mengatasi korban yang mengalami patah kaki ataupun tangan.

Siang hari dilanjutkan  materi ke-5 yaitu ESAR oleh Bapak Darmanto. Dalam penyampaian materinya yang sangat saya ingat yaitu seorang unit SAR harus memiliki 3C yaitu: Cepat, Cermat, Cekatan.

Lanjut materi teakhir yaitu materi evakuasi dimana kita dikenalkan dengan berbagai alat, cara penggunaannya dan teknik pemakaiannya. Pada evakuasi ini peserta dilatih  melakukan praktik Vertical Rescue. Praktik ini langsung diajarkan oleh Tim SAR. Dalam praktik ini peserta diajarkan bagaimana melakukan penyelamatan ketika dalam keadaan vertical.

Lanjut di malam hari pada hari kedua yaitu sarasehan dengan bintang tamu yang sangat keren. Ada Tedi Ixdiana, Darmanto, Joko, Steve Ewon, Soma Suparsa, Wa Bongkeng, Bah Ozz. Setelah sesi sharing-sharing, lanjut Abah Ozz memperlihatkan cara menyalakan api unggun tanpa bantuan api.

Ahad, 17 Desember 2023 hari puncak kegiatan, pukul 07.00 peserta kumpul di lapangan dengan kondisi sudah prepare dan membawa seluruh barang pribadi, karena di hari terakhir ini adalah hari praktek E-SAR, MFR, dan Evakuasi.

Setiap seru sudah membagikan tugas kepada masing-masing anggota seperti kordinator lapangan, tim pendahulu, navigasi, medis, logistic, penebas. Kegiatan ini cukup berjalan dengan baik, meski sempat terjadinya miss komunikasi Ketika sedang berlangsungnya kegiatan. Untuk praktik ini sangat seru, dan pada pukul 14.30 kegiatan latihan bersama ini ditutup dengan apel penutupan.

Baca juga: Sepasang Elang Brontok Dilepasliarkan di Kawasan Gunung Salak

Mengikuti Latihan E-SAR Gunung Hutan membuat diri ini bangga bisa menjadi salah satu bagian diantaranya. Mengingat saya bagian dari anggota seru 1 dengan posisi Perempuan sendiri, dan saya bersyukur dikelilingi oleh orang-orang baik didalamnya.

Pada dasarnya seorang relawan tidak dibayar bukan karena mereka tidak berharga, tapi karena mereka tidak bernilai harganya. Pesan teruntuk panitia, ditunggu part selanjutnya.

Salam relawan Fokus, Kuat, Responsif.

Penulis: Silvia Jamila Ratna Ayu, Mahasiswi STEI SEBI

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *