Milenianews.com, Jakarta – Seiring dengan upaya Roblox untuk mencapai target satu miliar pengguna, perusahaan ini mencari cara baru untuk membagi pendapatan dengan para pengembang yang telah membuat jutaan game di platform ini dan juga kepada para kreator.
Dalam konferensi pengembang tahunan perusahaan di San Francisco pada hari Jumat (6/9) lalu, melansir dari The Verge pada Selasa (10/9), CEO Roblox David Baszucki mengumumkan bahwa para kreator game ini akan dapat menyimpan antara 50 dan 70 persen pendapatan. Hal tersebut dari judul berbayar mereka saat dibeli dengan mata uang nyata di komputer desktop.
Baca juga: Awal Tahun ini, Investasi di Metaverse Mencapai 1.797 Triliun Rupiah
Ini jauh lebih besar daripada pembagian pendapatan sekitar 30 persen yang diberikan Roblox kepada pengembang. Hal tersebut antara lain untuk pembelian yang dilakukan dengan mata uang Robux di dalam pengalaman freemium.
Cara lain Roblox membagikan uang kepada para kreator adalah melalui program tautan afiliasi baru. Mereka yang diterima di dalamnya akan dapat memperoleh hingga 50 persen (dibatasi hingga 100 dolar AS atau sekitar Rp1,5 juta).
Hal tersebut dari pembelian Robux yang dilakukan pengguna baru dalam waktu enam bulan setelah bergabung dari tautan pendaftaran mereka.
“Saya pikir ini akan mempermudah para kreator untuk merasa nyaman. Khususnya untuk bersandar pada pemasaran sosial yang berat,” kata Baszucki tentang program baru ini.
Fitur terbaru yang dikeluarkan oleh Roblox
Pengumuman besar lainnya dari Roblox pada konferensi pengembang tahun ini termasuk mode “Party” baru. Hal tersebut yang memungkinkan hingga enam orang bisa berkomunikasi dan sharing sebagai sebuah kelompok.
Mulai awal tahun depan, Roblox juga bermitra dengan Shopify untuk memungkinkan para pengembang menjual barang-barang dunia nyata melalui platform tersebut. Ketentuan pembagian hasil dari kesepakatan tersebut belum diungkapkan.
Baca juga: Apa Itu Metaverse? Penjelasan Lengkapnya Disini
Pemberitaan buruk terkait dugaan penyalahgunaan fitur
Meskipun basis pengguna harian Roblox terus tumbuh secara stabil menjadi 79,5 juta pada kuartal terakhir, akan tetapi perusahaan ini mendapat kecaman dalam investigasi Bloomberg baru-baru ini yang berjudul “Masalah Pedofil Roblox”.
Setelah berita tersebut diterbitkan pada musim panas ini, pemerintah Turki melarang Roblox. Hal tersebut dengan alasan bahwa game tersebut menjadi tuan rumah bagi “pesta seks virtual” dan “permainan kekerasan” yang dimainkan oleh anak-anak.
Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube MileniaNews.