5 Tokoh Film yang Mengubah Stereotip tentang Orang Islam

Film yang Mengangkat kebaikan muslim

Milenianews.com, Jakarta – Film layar lebar dan serial TV buatan Hollywood atau negara barat lainnya, jika menampilkan orang muslim, biasanya selalu digambarkan sebagai kelompok radikal.

Peran tersebut lah yang sering dikatakan stereotip (pandangan jelek) oleh masyarakat luas. Wajar saja saat peran tersebut banyak dimunculkan di film-film Barat.

Baca Juga : Sony Kembangkan Film ‘Madame Web’ Sebagai Bagian Spider-Verse

Mengingat, aksi-aksi radikal yang sering dilakukan teroris, selalu dikaitkan dengan orang muslim. Selain itu, peran perempuan yang dikekang juga masuk dalam salah satu adegannya.

Namun, dalam beberapa film atau serial TV, perlahan mengubah pandangan tersebut. Seperti beberapa peran muslim dalam film berikut ini :

1. Jack Ryan

Jack Ryain
Sumber : Medium

Serial film bergenre action-thriler tersebut menampilkan tokoh bernama Hanin. Ia merupakan seorang gadis asal Saudi Arab yang memerankan karakter berani dan penuh semangat dalam melindungi anak-anak.

Dalam film ini, Hanin tak ditampilkan sebagai perempuan yang tak berdaya atau teroris.

2. The 13th Warrior


Sumber : YouTube

Film yang diangkat di layar lebar pada 1999 ini, menampilkan karakter seorang penyair muslim, Ahmad bin Fadlan. Dalam tugasnya sebagai duta besar kekhalifahan Baghdad ke negeri Barbar Utara. Disana ia bertemu dengan kaum Viking.

Saat menjalankan tugasnya di wilayah tersebut, Ahmad menjadi seorang muslim yang dapat berbadur dan juga belajar dari kaum Viking yang berbeda agama dan gaya hidup.

3. Bones

Dalam film Bones, ada karakter bernama Arastoo Vaziri sebagai orang muslim yang taat beribadah, baik hati dan simpatik. Saat tragerdi 9/11 juga berperan aktif dalam menolong korban tragedi tersebut. Meski menimbulkan pandangan canggung dari orang lain yang melihatnya.

4. Quantico


Sumber : Tv Guide

Quantico merupakan serial TV yang bercerita mengenai FBI. Ada dua tokoh muslim yang ditonjolkan di film tersebt, yakni Nimah dan Raina Amin.

Mereka merupakan kembar identik yang diperankan Yasmine Al Massri dengan karakter perempuan yang taat ibadah dengan memakai hijab. 

Selain itu, figur keduanya ditampilkan sebagai sosok yang tangguh, tegar dan cerdas.

5. The Reluctant Fundamentalist


Sumber : YouTube

Bercerita mengenai seorang pemuda asal Pakistan yang sukses. Kejadian 9/11 mengubah pandangan masyarakat terhadapnya membuat ia diperlakukan berbeda.

Ia berusaha memikirkan cara untuk mengubah pandangan orang lain terhadap nya lagi, agar dipandang positif.

Baca Juga : Muslim Milenial Harus Tahu! 5 Penemuan Orang Islam di Sekitar Kita

Dari ke-5 film tadi, dimunculkan karakter seorang muslim yang positif. Hal tersebut, bisa membuat stereotip masyarakat dunia yang menonton merubah pandangan mereka.

Meski teroris selalu membawa nama islam, tapi dalam Islam tak diajarkan untuk melakukan kerusakan dalam bentuk apapun. Hanya saja banyak pemikiran-pemikiran fundamental yang sempit dari sebagian orang-orang islam.

Islam itu agama damai dan membawa kedamaian, di hati setiap orang juga di lingkungan luarnya. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *