5 Penemuan Muslim diSekitar Kita

Muslim Milenial Harus Tahu! 5 Penemuan Orang Islam di Sekitar Kita

Milenianews.com, Jakarta – Era keemasan umat Islam pernah terjadi pada abad ke-8 masehi hingga ke-13 masehi. Pada masa tersebut, banyak penemuan-penemuan yang diciptakan para cendikiawan dan ilmuwan muslim.

Namun, hal-hal tersebut tak banyak diketahui masyarakat sekarang karena perbelokan sejarah di masa lalu. Bahkan banyak dari penemuan muslim yang diklaim orang-orang Eropa.

Tapi, ada buku yang diterbitkan berjudul ‘1001 Inventions’ berisi tentang ide-ide dan benda-benda hasil penemuan umat islam dalam kurun waktu seribu tahun.

Baca Juga : ‘Kerdil Putih’, Pecahan Planet Besar : Bantu Amati Apa Yang Terjadi Saat Matahari kita Mati

Bahkan, benda-benda yang sering kita pakai dan ada disekitar kita merupakan penemuan orang Islam, apa saja?.

Berikut lima penemuan orang Islam yang ada disekitar kita :

1. Jam

Sumber : Republika

Ilmuwan muslim Al-Jazari berjasa besar dalam pengembangan teknologi yang memberi informasi waktu untuk kita, yakni jam. Tak hanya itu, Al-Jazari juga penemu pompa air. Salah satu peninggalan peradaban Islam darinya adalah jam air.

2. Universitas

Sumber : Cosmo.Marlboro

Fatimah Al-Fihri awalnya membangun sebuah masjid dan sekolah dalam satu kompleks dengan harta warisannya. Ide dan lokasi mengenai kompleks dicanangkan Fatimah. Qairouan sampai sekarang masih berkembang dan menjadi Universitas tertua di Dunia.

Sebelum menjadi Universitas, Qairouan memiliki fungsi keagamaan yang sama dengan masjid dan madrasah-madrasah lainnya. Memberi pengajaran tentang ilmu-ilmu tradisional Islam yang menjadi landasan ajaran Islam di mana pun.

Baca Juga : Pemerintah Arab Saudi Keluarkan Visa Turis, Pasangan non-Muhrim bisa Sekamar

Tiga bidang studi ilmu Islam di Qairouan adalah Studi Ilmu Tafsir Al-Quran, Studi Ilmu Hadist dan Studi Ilmu Fiqh. Tak hanya itu, di sini juga diajarkan pelajaran non-Islam sebagai bagian dari pendidikan yang lebih luas. Diantaranya termasuk matematika, astronomi, astrologi, fisika, puisi dan sastra.

Sedangkan tokoh dunia yang manjadi lulusan Qairouan yakni, 1). Maimonides, polymath yahudi dari zaman modern Spanyol, 2). Ibnu Khaldun, penulis dan ahli teori dari Tunisia, 3). Hassan ibn Muhammad Al-Wazzan Al-Fasi, ekspedisionis dan penulis dari suku berber. Ia dikenal orang Eropa sebagai Leo Africanus, atau Leo sang Afrika.

3. Kamera

Penemun selanjutnya yakni lensa. Ibnu Haitham berhasil melakukan penelitian-penelitian dalam dunia optik dan cahaya.

Jika saja ia tak menemukan lensa, maka tak akan ada kamera di zaman sekarang. Ia pun dianggap sebagai penemu kamera obscura pertama di dunia.

4. Kopi

Sumber : Coffe Corner

Siapa yang tidak pernah minum kopi?, kopi menjadi minuman paling tren bagi masyarakat dunia. Seorang sufi penggembala kambing asal Ethiopia, Khalid yang pertama kali menemukan Kopi.

Sekitar tahun 1200 tahun lalu, saat menggembala ia memperhatikan kambing-kambingnya menjadi lebih lincah dan bersemangat setelah memakan biji berwarna merah.

Lalu ia membawa pulang biji tersebut dan mengolahnya dengan direbus dan lahirlah cikal bakal kopi yang diberi nama Al-Qahwa.

5. Musik

Sumber : Islami.co

Abad ke-9, seorang filsuf bernama Al-Kindi menciptakan melodi musik dalam alfabet, hal tersebut menjadi dasar dari solmisasi. Selain itu, ia merupakan ahli matematika dan kedokteran. Ia juga menjadikan musik sebagai alat terapi kesehatan.

Baca Juga : Wisata Baru di Banten, Tempat Foto Instagramable ‘Negeri di Atas Awan’

Jangan lupa sejarah. Orang-orang Islam sebenarnya sangat hebat dalam segala hal, karena Tuhan telah menyampaikan segalanya dalam Al-Quran. (Ikok)

Post Author: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *