STEI SEBI Gelar Webinar Bimbingan dan Pemantapan Siap Kerja

STEI SEBI Depok menggelar Webinar Bimbingan dan Pemantapan Siap Kerja pada Senin dan Selasa, 5 dan 6 Desember 2022, dengan narasumber Aidil Muchammad. (Foto-foto: Dok STEI SEBI)

Milenianews.com, Depok- STEI SEBI Depok menggelar Webinar Bimbingan dan Pemantapan Siap Kerja pada Senin dan Selasa, 5 dan 6 Desember 2022. Acara digelar secara daring (dalam jaringan), melalui Zoom Cloud Meeting. Dalam acara ini, Aidil Muchammad, SE, ME, CPSC., diundang sebagai narasumber.

Pada hari pertama acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan tilawah, dan dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan disampaikan oleh Firmansyah, S.E.I., M.M. selaku ketua Prodi Perbankan Syariah STEI SEBI. Di awal acara, Firmansyah menegaskan pentingnya keterampilan soft skill kepada mahasiswa tingkat akhir. “Harapannya, webinar ini  memberikan knowledge keterampilan dan terkhusus pada keterampilan soft skill untuk era digital saat ini. Terutama untuk mahasiwa tingkat akhir yang akan lulus dari dunia kampus. Bahkan KNEKS dan Industri Keuangan Syariah menyepakati akan pentingnya keterampilan soft skill bagi SDM yang akan masuk ke dalam dunia industry,” ujar Firmansyah.

Baca Juga : STEI SEBI-Perigi Tiga Cahaya Luncurkan Program IYES, Cari Bakat Wirausaha Muda

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Selaku narasumber, Aidil Muchammad, SE, ME, CPSC., meyampaikan materi yang sesuai dengan webinar yang diusung dalam agenda Webinar Bimbingan dan Pemantapan Siap Kerja ini. Sebelum menjelaskan topik utama terkait soft skill,  Aidil Muchammad mengawali penjelasannya dengan latar belakang mengapa masih perlu belajar komunikasi dan harus dipahami bahwa saat ini bukan era nya verbal dan nonverbal.

“Kita perlu belajar komunikasi supaya mengerti mendapatkan respons atau interaksi komunikasi secara verbal dan nonverbal dengan body language. Tetapi saat ini sudah bukan membahas kedua komunikasi tersebut, dengan era komunikasi virtual,”  papar Aidil Muchammad.

Sesi pertama ini membahas beberapa materi penting soft skill seperti Business Communication, Critical Thinking, dan Personal Profile. Mahasiswa cukup antusias mengikuti acara ini. Hal tersebut terlihat dari aktifnya mahasiswa dalam menjawab quiz ataupun bertanya ketika sesi tersebut berlangsung. Total ada 59 mahasiswa yang hadir.

Membangun Personal Branding

Sesi kedua yang dilaksanakan pada hari Selasa,  6 Desember 2022,  diawali pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Aidil Muchammad, SE, ME, CPSC., selaku narasumber.

Pertemuan sesi kedua membahas tentang Personal Performance, Leadership, dan Patnership. Pada sesi ini Aidil Muchammad mengawali penjelasannya dengan membahas pentingnya personal branding.

Baca Juga :STEI SEBI Terima Monitoring dan Evaluasi dari Kopertais II Jawa Barat

“Ketika kita mampu membangun personal branding yang baik dengan memiliki nilai lebih yang ada pada diri kita, maka kita akan berani menawarkan good price kepada perusahaan. Dengan personal branding yang sudah disiapkan dari sekarang, maka industry ataupun perusahaan yang akan mencari kita yang memiliki nilai lebih,” papar Aidil Muchammad.

Pada sesi pemaparan Leadership, narasumber membawakan dengan lebih interaktif lebih banyak tanya jawab dan berdiskusi dengan peserta. Peserta dilatih untuk menyampaikan pendapatnya secara bebas sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki masing-masing peserta, dengan tujuan untuk merealisasikan sebagian materi tentang Leadership yang disampaikan. Lebih menariknya materi kali ini dikaitkan dengan Piala Dunia yang sedang berlangsung, menjadikan mahasiswa tertarik dengan apa yang narasumber sampaikan.

Acara Webinar Bimbingan dan Pemantapan Siap Kerja ini diikuti oleh 49 peserta yang terdiri dari mahasiswa tingkat akhir Prodi Perbankan Syariah. Peserta mengikuti Webinar Bimbingan dan Pemantapan Siap Kerja dengan antusias terlihat dari pertanyaan dan diskusi yang dilakukan selama acara berlangsung.

 

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *