Mengenal Gerd, Penyakit yang Bisa Mengancam Jiwa

Penyakit gerd asam lambung

Milenianews.com – Hai sobat milenial, tahukah kamu apa itu Gerd? Bagaimana Gejala dan cara mengatasinya? Kita akan ulas.

Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi saat asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam).

Baca Juga : Khasiat dan Efek Samping Konsumsi Madu

Kondisi tersebut bisa menyerang semua kalangan usia. Gejala penyakit lambung ini sering diduga sebagai serangan jantung karena gejalanya mirip dengan nyeri dada.

Meski tidak mematikan seperti serangan jantung, gerd ini akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani.

Gejala penyakit asam lambung

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada, yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring. Jika memungkinkan, jangan langsung baringan ya setelah makan.

Tak hanya itu, gejala asam lambung ini bisa bareng dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya. Seperti mulut terasa asam, rasa ingin muntah, sering bersendawa bahkan sesak napas.

Pencegahan dan cara mengatasi asam lambung

Dengan melakukan perubahan kegiatan sehari-hari, gerd akan mudah teratasi. Hal yang bisa kita lakukan adalah :

Rutin minum air putih 

Hal ini menjadi cara yang paling sederhana untuk mencegah asam lambung kambuh. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa air putih bisa meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang anda konsumsi.

Konsumsi obat antasida

Selain itu, obat antasida yang dijual bebas seperti di warung, bisa sobat konsumsi saat asam lambung atau GERD sedang kambuh. Sebab, obat ini bersifat menetralkan asam yang bisa mengurangi gejala gangguan tersebut.

Pilih makanan yang lembut dengan rasa netral

Rasa yang cenderung netral dapat menurunkan risiko peningkatan produksi asam lambung. Sebelum makan sebaiknya konsumsi obat anti sekresi yang menghambat produksi asam lambung.

Menjaga pola makan

Konsumsi makanan dengan asupan gizi seimbang, perbanyak serat seperti sayur dan buah. Hindari konsumsi makanan yang dapat memicu penyakit asam lambung.

Baca Juga : Stres Picu Munculnya 5 Penyakit Berbahaya

Selain itu, gejala asam lambung naik bisa bisa berlangsung selama beberapa jam. Bagi sebagian pengidap, gejala bisa memburuk setelah makan, sementara itu yang lain mungkin mengalami gejala sebelum makan.

Asam lambung memiliki manfaat positif yang jarang orang tahu. Asam lambung dapat menyeimbangkan lambung hingga memproses manusia dalam pencernaan.(Reporter 8/LL)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *