Tips Lulus SNMPTN

Milenianews.com – Ada beberapa tips untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, salah satunya melalui jalur SNMPTN. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri.

Jalur SNMPTN juga biasa disebut jalur undangan. Seleksi yang dilakukan yaitu melalui nilai rapor dari semester 1-5 dan prestasi lainnya.

ADOP

Baca Juga : Catat! Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK yang Tepat Untukmu

Jalur ini menjadi incaran bagi calon mahasiswa. Banyak keuntungan jika lulus SNMPTN, selain tidak perlu mengerjakan tes, seleksi ini bebas biaya pendaftaran alias gratis.

Yuk cari tahu tips dan trik agar bisa lulus SNMPTN dan masuk ke kampus impian.

  1. Mempertimbangkan nilai rapor   

Tips pertama yaitu sobat harus mempertimbangkan nilai rapor. Nilai rapor dari semester 1-5 menjadi pertimbangannya. Oleh karena itu, nilainya harus meningkat atau stabil.

Pastikan agar masuk ke daftar siswa eligible sekolah. Perhatikan juga jurusan yang tepat dengan nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan yang akan sobat pilih.

Nilai rapor harus dipersiapkan sejak kelas 10 agar nantinya bisa dengan mudah meningkatkan dan berusaha konsistensi.

  1. Tingkatkan prestasi

Memiliki prestasi yang baik dapat menjadi nilai tambah. Bisa dengan mengikuti olimpiade atau lomba-lomba lainnya.

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan prestasi yang sobat miliki. Misalnya akan memilih jurusan dari prodi yang berhubungan dengan olahraga, maka bisa ikut lomba yang ada kaitannya dengan olahraga. Agar nanti piagam yang dimiliki bisa ikut diajukan.

  1. Teliti dalam memilih jurusan 

Agar bisa lulus SNMPTN, tentunya kita juga harus teliti dan punya trik dalam memilih jurusan. Cari tahu peluang lulus jurusan yang dipilih dengan cara melihat daya tampung dan peminat pada tahun sebelumnya.

Apabila jurusan yang kamus pilih ternyata punya keketatan yang tinggi, maka bisa memilih jurusan lain yang sepi peminat. Tetapi masih sesuai dengan minat dan nilai rapor.

Pilihlah jurusan yang tepat, agar nantinya saat lulus tidak ada keraguan mengambilnya. Daya tampung dan keketatan bisa langsung dilihat di laman ltmpt atau cari informasi melalui media sosial perguruan tinggi yang kamu tuju.

  1. Lihat jumlah PTN dan prodi yang bisa dipilih 

Dengan melihat jumlah PTN dan prodi yang bisa dipilih, maka akan dengan mudah menempatkan urutan atau posisi yang tepat.

Misalnya jika memilih dua PTN (Perguruan Tinggi Negeri) maka usahakan pilihlah yang satu provinsi dengan asal sekolah.

Pemilihan prodi bisa dengan memilih dua prodi dalam satu PTN atau berbeda. Tetapi tidak disarankan lintas jurusan, atau bisa berdasarkan ketentuan dari PTN masing-masing.

  1. Melihat indeks sekolah 

Kuota penerimaan untuk setiap sekolah tentunya berbeda-beda. Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar lulus SNMPTN.

Dengan melihat indeks, maka kita perlu memperhatikan sebaran alumni, akreditasi sekolah, dan prestasi para alumni di perguruan tingginya.

Sobat juga harus memperhatikan banyaknya alumni yang lolos SNMPTN. Ada beberapa ketentuan jika melihat akreditasi sekolah.

Sekolah dengan akreditasi A dapat mengajukan 40% siswa terbaik, akreditasi B dapat mengajukan 25% , dan sekolah dengan akreditasi C atau lainnya hanya dapat mengajukan 5% siswa terbaik di sekolah.

6. Konsultasi dengan senior 

Selain itu, sobat juga bisa menanyakan pengalaman kepada para senior yang sudah lulus SNMPTN. Tanya tips dan trik yang mereka lakukan agar lulus SNMPTN.

Cari informasi tentang kampus dan prodi yang mereka pilih. Kalau bisa pilihlah senior yang perguruan dan  jurusannya sama dengan yang akan kamu pilih. 

  1. Mencatat tanggal penting seleksi

Catatlah tanggal-tanggal penting yang berkaitan dengan seleksi SNMPTN. Jangan sampai tanggalnya terlewat, karena hanya bisa mendaftar satu kali. Siapkan berkas-berkasnya dan lihat jadwal kapan tanggal upload datanya.

Lulus SNMPTN bukan hal yang mudah, jadi jika lulus lewat jalur SNMPTN ini jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Karena nantinya, jika tidak sobat ambil, ada sanksi berupa sistem blacklist untuk sekolah.

Baca Juga : Mahasiswa UNM Berkontribusi ke Sekolah Lewat KKN, Beri Aplikasi Perpustakaan

Sanksinya bermacam-macam, mulai dari pengurangan kuota untuk sekolah, ataupun nantinya sekolah tak bisa ikut seleksi SNMPTN lagi.

Itu tadi, tips agar lulus SNMPTN. Semangat terus ya buat kalian para pejuang beasiswa. Jadi dengan beberapa tips dan trik yang sudah dibagikan semoga dapat menjadi referensi agar lulus SNMPTN. Tingkatkan semangat belajar dan selalu berdoa.(Annisa)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here