FOS DKI Jakarta Sebagai Saluran Bagi Pelajar SMA Sederajat

Milenianews.com, Jakarta – Organisasi merupakan suatu kata yang sudah lazim bagi agen perubahan di Indonesia. Organisasi pula yang menjadi wadah untuk agen perubahan mengasah kemampuan untuk berkontribusi terhadap revolusi Indonesia. Untuk itu, FOS (Forum Osis) DKI Jakarta gelar kegiatan Belfos (Become a Leader with FOS DKI Jakarta).

Kegiatan Belfos bertajuk ‘Metamorph Agent of Change’ ini berlangsung pada, Rabu (23/12) kemarin di Gedung Rektorat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang berlokasi di Jalan Kramat Raya No. 98, RT. 2/ RW. 9, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

ADOP

Dalam wawancaranya bersama MileniaNews, Achmad Za’im Mudzaki selaku ketua umum menjelaskan, FOS DKI Jakarta menjadi organisasi yang menaungi serta mewadahi pengurus OSIS/MPK SMA/Sederajat di wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga : Universitas Nusa Mandiri Sediakan Beasiswa Khusus Untuk Ketua OSIS

“FOS DKI Jakarta sendiri memiliki tujuan untuk mewadahi komunikasi dan sarana pertukaran informasi, inovasi, dan kreasi. Selain itu juga agar membawa perubahan untuk OSIS/MPK di masing-masing sekolah di wilayah DKI Jakarta,” tutur Za’im dalam wawancara, Kamis (24/12).

Za’im yang merupakan pelajar tingkat akhir di SMAN 113 Jakarta ini memaparkan, sejak awal, Forum ini bertujuan untuk menyatukan suara pelajar Jakarta dalam satu suara dan pandangan.

“Kami berkomitmen untuk menjadi edukator, aspirator, pelopor perubahan, dan juga forum silaturahmi di wilayah DKI Jakarta. Hal tersebut untuk membuat pelajar di DKI Jakarta berkembang, bermanfaat dan berdampak untuk ruang lingkup yang mereka miliki,” ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, ia menjelaskan, ada beberapa hal yang ingin forum ini capai dalam kegiatan Belfos ini. Salah satunya adalah regenarasi. Menurutnya, keluaran utama acara ini, dari peserta yang mendaftar serta mengikuti rangkaian acara ini hingga ke tahap seleksi jadi pengurus selanjutnya.

“Kemudian Belfos merupakan kegiatan terkompleks yang FOS DKI Jakarta pernah buat. Sebab teknis rangkaiannya dilaksanakan secara hybrid. Terakhir, kesadaran dan pengembangan diri dari rangkaian kegiatan,” pungkasnya.

Baca Juga : Tips Dapat Beasiswa Kuliah Pada Perguruan Tinggi Favorit

Pemaparan Materi State-of-Change (SoC)

FOS DKI Jakarta : Generasi Muda Harus Peduli Terhadap Urgensi-urgensi yang Ada

Melalui kegiatan ini, peserta harus lebih mengenal dan peduli terhadap urgensi-urgensi yang ada di sekitarnya. Pasca mengikuti acara ini, harapannya peserta memiliki pengetahuan, kemampuan dan pola pikir baru.

“Kami berharap para penerus bisa menjaga dan mengembangkan branding serta merealisasi tujuan dari FOS DKI Jakarta. Kami ingin penerus mampu membuat dobrakan inovasi baru yang belum terjadi pada angkatan ini. Yakni segala hal-hal yang belum terselesaikan dan menjadi masalah di generasi kami,” ungkapnya.

Selain itu, di akhir wawancaranya, Za’im berpesan setiap pelajar mampu berdampak dan menggaungkan hal-hal baik dan urgensi bersama.

“Teruslah berkembang bersama orang-orang di sekitarmu dan jadilah agen perubahan terbaik di FOS serta ruang lingkup lainnya. Lanjutkan perjuangan yang sudah kami buat, kembangkan ide-ide yang kalian punya, dan realisasikan solusi-solusi yang kalian temukan,” tandasnya. ACH

13 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here