ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti Hadir Dengan Blower Pendingin

ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti hadir dengan Blower

Milenianews.com – ASUS nampaknya akan segera memperkenalkan satu GPU terbaru mereka untuk keluarga NVIDIA RTX 30 series. Mereka kabarnya akan memperkenalkan GPU dengan nama ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti.

Menariknya, GPU generasi terbaru ini akan memiliki sistem pendinginan yang tidak biasa. Pendingin ini bukan kipas pendingin dari Noctua. Namun, pendingin yang akan ASUS gunakan pada ASUS Turbo GeForce RTX 3070 Ti merupakan sebuah GPU kustom yang akan menggunakan tipe pendingin blower.

Baca Juga : NVIDIA Siapkan RTX 3060 Dengan Core GA104

Untuk spesifikasinya, GPU ini akan menggunakan prosesor grafis NVIDIA GA104-400 dengan 6144 CUDA core. Serta clock hingga 1800 MHz dalam mode boost OC.

Sobat milenia yang menggunakan GPU ini akan mendapatkan VRAM sebesar 8GB dengan kecepatan GDDR6X 19 GT/s. GPU ini memiliki dua konektor daya tambahan delapan pin serta empat output tampilan (tiga DisplayPort 1.4a, satu HDMI 2.1).

Mengutip dari Tom’s Hardware (19/10), konfigurasi yang ASUS gunakan sangat aneh. Bahkan, NVIDIA saat meluncurkan GeForce RTC 30 series sudah mulai meninggalkan pendingin tipe tersebut.

Baca Juga : WD Luncurkan WD Blue SN570 Khusus Content Creator

Seperti kita ketahui, pendingin tipe blower memiliki reputasi kontroversial. Pendingin ini pertama kali hadir di NVIDIA GeForce FX 5800 Ultra. Saat itu, pendingin ini tidak memiliki performa yang baik, hanya saja suara dari kipasnya sangat keras.

Seiring waktu, pengembang GPU belajar bagaimana menerapkan pendingin blower dengan benar. Tujuannya untuk memastikan kipas mereka tidak mengeluarkan suara sekeras itu.

Meski hingga saat ini performa dari pendingin tipe blower belum ada yang mengesankan, bisa jadi ASUS mematahkan statement itu. Yang pasti, mereka melakukan sebuah pertaruhan besar dengan meluncurkan GPU dengan tipe pendingin seperti ini.

Respon (16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *