Event, News  

UI Gelar Nihon Fair 2021 Secara Hybrid

UI Gelar Nihon Fair 2021 Secara Hybrid

Milenianews.com, Depok – Universitas Indonesia (UI) Nihon Fair 2021 atau UINF 2021 merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (HIMAJA FIB UI). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan segala bentuk budaya jepang. Serta menyediakan wadah penyaluran kemampuan tentang Jepang dalam bidang akademik kepada siswa-siswa SMA/sederajat skala nasional.

Tahun ini, UI Nihon Fair 2021 akan berlangsung pada tanggal 6-7 November 2021 dengan mengangkat tema Wit can be Attained in Creative Ways. Konsep ini berasal dari konsep hidup orang Jepang yang bernama ikigai “生きがい”, yang memiliki makna pengetahuan bisa kita dapat dengan berbagai cara.

Baca Juga : Siap Ikut Gelar Jepang UI 27? Cek Guest Star-nya Disini!

Selain itu, pada tahun ini, UI Nihon Fair 2021 melanjutkan visi dan misi rebranding event UI Nihon Fair 2020. Kegiatan yang berlansung tahun lalu ini telah sukses mengadakan  acara dalam lingkup akademik bagi para pelajar yang memiliki minat dalam studi Jepang.

Tahun ini, beberapa kegiatan serupa juga akan kembali hadir dengan sebuah langkah untuk membangun masa depan bidang akademik yang lebih baik lagi. Acara-acara tersebut meliputi berbagai workshop, webinar, serta lomba-lomba yang berbagai kalangan bisa ikuti. Baik sobat milenia yang merupakan siswa/siswi SMA/sederajat maupun kalian yang merupakan penggemar budaya tradisional Jepang.

UI Nihon Fair 2021 Akan Berlangsung Secara Hybrid

UI Nihon Fair 2021 akan berlangsung secara hybrid, yakni secara daring di aplikasi teleconference maupun media sosial dan secara tatap muka skala kecil. Kendati demikian, kegiatan tatap muka ini hanya untuk pihak yang telah panitia tentukan saja. Selain itu, juga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah dan juga oleh pihak kampus. Peserta dan pihak lainnya dapat tetap mengikuti acara secara daring.

“Penggunaan sistem ini semoga dapat membawa kegiatan akademik ke dalam era baru. Dengan memanfaatkan berbagai platform yang kini tersedia secara daring, dengan demikian memberi kemudahan akses bagi peserta yang tertarik untuk mengikuti UI Nihon Fair 2021 dari seluruh Indonesia” Mengutip dari rilis yang MileniaNews terima pada Rabu (13/10).

Baca Juga : GJUI Ke-27 Day 2 Hadirkan Workshop Japanese Class Hingga Seminar Seiyuu

Terdapat empat acara utama dan empat kategori lomba yang termasuk kedalam serangkaian kegiatan ini.

  • UI Nihon Fair Summit (webinar eksklusif dan pertama di UI Nihon Fair dengan topik warisan budaya Jepang dan Indonesia),
  • Webinar Nihon E Manabe (memuat informasi terkait belajar di Jepang dengan memperkenalkan berbagai beasiswa ataupun program terkait lainnya),
  • Workshop Origami (melipat kertas) yang akan berlangsung di bawah bimbingan seorang guru yang telah terkualifikasi; dan
  • Workshop Karuta (permainan kartu Jepang) untuk mempelajari dan mencoba permainan Karuta.

Selain berbagai kegiatan tersebut, hadir juga lomba-lomba yang meliputi lomba pidato, lomba esai, lomba storytelling, serta lomba poster dan komik 4 strip. Seluruh lomba ini bertujuan untuk menguji kreativitas dan mengasah keterampilan serta pengetahuan para peserta. Setiap tema yang akan diangkat dalam masing-masing lomba akan berhubungan dengan Indonesia-Jepang.

Untuk sobat milenia yang penasaran dan membutuhkan informasi lengkap terkait UI Nihon Fair 2021 bisa kepo-in akun instagram resmi UI Nihon Fair (@ui.nihonfair). Selain itu, untuk informasi lebih lanjut, sobat bisa hubungi narahubung Tessa (wa.me/6282110681647) atau Yece (wa.me/6281288823736).

Respon (13)

  1. Penggemar budaya tradisional jepang pasti excited banget nih apalagi mereka yg berminat di studi jepang. Kayanya seru ya lomba lombanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *