Beranda Lifestyle Budaya 7 Kuliner Khas Iduladha di Berbagai Negara

7 Kuliner Khas Iduladha di Berbagai Negara

Milenianews.com – Perayaan Iduladha merupakan salah satu hari raya keagamaan penting untuk orang beragama Islam. Tahun ini IdulAdha di Indonesia jatuh pada 20 Juli 2021 dan masih berada di tengah pandemi. Meski demikian, masyarakat muslim tetap bisa merayakannya secara sederhana dengan makanan khas IdulAdha. Tahukah sobat milenia, ternyata muslim di seluruh dunia memiliki kuliner Khas IdulAdha yang berbeda.

Biasanya, berbagai umat muslim di dunia memiliki kuliner khas yang untuk menjadi sajian saat IdulAdha. Di indonesia sendiri biasanya identik dengan opor atau ketupat. Selain itu, ada juga beberapa hidangan lainnya dengan tema daging.

Baca Juga : Panduan Protokol Kesehatan dari WHO saat IdulAdha

- Advertisement -

Melansir dari Independent, Senin (19/7) berikut kuliner khas IdulAdha dari berbagai negara:

Kuliner Khas IdulAdha di Berbagai Dunia

1. Tagine

7 Kuliner Khas Iduladha di Berbagai Negara
Tagine

- Advertisement -

Di Maroko, Tagine menjadi pilihan kuliner khas yang harus ada saat IdulAdha yang cukup populer. Hidangan ini terdiri dari rebusan gurih yang dikukus dengan sayuran. Beberapa juga biasa memasukan unggas, daging atau ikan ke dalamnya dan sering kali memakannya dengan couscous.

Tagine adalah alternatif sajian IdulAdha yang cocok untuk para vegetarian.

2. Nasi Biryani

Nasi biryani - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber : wikipedia

Biriyani adalah hidangan nasi populer dari Asia Selatan yang terdiri dari sayuran, rempah-rempah dan rempah-rempah aromatik. Selain itu, nasi ini juga biasanya tersaji dengan daging kambing.

Kemudian, nasi biryani juga akan tidak jarang hadir berdampingna dengan semur, tagine, dan kari lainnya.

3. Korma

Easy Chicken Korma - Nicky's Kitchen Sanctuary
Sumber : kitchensanctuary.com

Jangan keliru yaa sobat milenia, bukan kurma tapi korma, karena ini berbeda. Korma adalah hidangan lain yang cocok untuk para vegan atau bisa diolah tanpa daging.

Ini adalah kari yang populer di anak benua India. Korma dibuat dengan sayuran atau daging yang telah direbus dengan krim atau yoghurt. Kemudian menyatukannya dengan kaldu air dan rempah-rempah untuk menghasilkan saus kental.

Seperti kebanyakan kari lainnya, korma biasanya menjadi sajian yang hadir dengan nasi.

Baca Juga : Sobat Milenia, ini dia Makanan Indonesia yang jadi Mahal di Luar Negeri

4. Maqluba

Bushra's Maqluba | Recipe | Recipes, Food, Maklouba recipe
sumber: pinterst

Maqluba merupakan salah satu makanan khas IdulAdha yang populer di negara-negara Timur Tengah. Sajian ini terdiri dari sayuran goreng, daging, dan nasi yang dimasak bersama dalam wadah seperti panci.

Kemudian maqluba biasanya akan tersaji sebagai hidangan porsi besar yang gurih.

5. Tufahije

Tufahije - Wikipedia
sumber : wikipedia

Tufahije merupakan makanan penutup dari Bosnia yang populer. Pembuatan Tufahije dilakukan dengan merebus apel dalam air gula, lalu mengisinya dengan kacang dan topping dengan es krim kocok atau crème fraiche.

Biasanya hidangan penutup ini tersaji dalam gelas besar.

6. SheerKhurma

Sheer Khurma - Cook With Manali
Sumber : cookwithmanali

Makanan penutup dari Mughlai ini terkadang terkenal dengan sebutan susu dengan kurma. Biasanya SheerKhurma ini tersaji dengan bihun, susu, gula, kurma, dan buah-buahan kering.

Hidangan ini dibuat dengan memasak bihun dalam susu sampai melunak dan campurannya mengental. Kemudian, buah kering menjadi topping di atasnya.

7. Maamoul

Ini adalah kue shortbread kecil yang populer di Lebanon. Kue ini kadang menjadi cemilan Khas IdulAdha dan biasanya menggunakan isian kenari, pistachio, gula dan atau kurma.

21 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Konami Ubah PES Jadi eFootball dan Gratis untuk Dimainkan

Milenianews.com - Belum lama ini, Konami secara resmi mengumumkan kabar mengejutkan. Kabarnya perusahaan yang berbasis di Jepang ini mengumumkan bahwa tidak akan meluncurkan seri Pro...

Kisah Khaby Lame, Miliarder yang Pernah Jadi Buruh Pabrik

Milenianews.com, Jakarta - Siapa yang bukan followers nya influencer asal Italia, Khaby Lame. Sepertinya Sobat Milenia, banyak yang mengikutinya. Lewat akun TikTok dan Instagram @khaby00,...

Drakor Nevertheless Relate Dengan Kisah Cinta Remaja Indonesia

Milenianews.com - Drama Korea (Drakor) memang selalu menjadi tren di Indonesia. Hingga belum lamna ini para pecinta drakor ramai membicarakan karakter Park Jae Eon dari...

Drakor Hometown Cha-Cha-Cha Tayang 28 Agustus di Netflix

Milenianews.com - Drama Korea terbaru berjudul "Hometown Cha-Cha-Cha" akan tayang di Netflix pada 28 Agustus mendatang. Drama bergenre romantis ini menghadirkan Dua aktor populer Shin...