Beranda Lifestyle Kuliner Sobat Milenia, ini dia Makanan Indonesia yang jadi Mahal di Luar Negeri

Sobat Milenia, ini dia Makanan Indonesia yang jadi Mahal di Luar Negeri

Milenianews.com – Sobat Milenia, masih ingat dengan daun pisang yang viral karena dibanderol harga Rp.800 ribu di Jepang? Seikat daun pisang di Indonesia yang biasanya dihargai Rp.5000 ini menjadi sangat mahal saat dijual di luar negeri.

Namun bukan hanya daun pisang saja, Indonesia sendiri memiliki ribuan ragam kuliner yang tersebar di seluruh nusantara dan memiliki keunikan dan rasa khas masing-masing dari setiap daerah. Makanan yang biasanya sering dijumpai dan bahannya pun mudah ditemukan di Indonesia, juga memiliki harga yang fantastis saat dijual ke luar negeri.

Baca Juga : Fantastis! Di Jepang, Harga Daun Pisang mencapai 200 ribu per lembar

Berikut beberapa makanan Indonesia yang memiliki harga selangit di luar negeri:

1. Nangka

Foto : Buah nangka mempunyai rasa legit dan manis.

Nangka menjadi salah satu buah yang hanya berada di negara-negara Asia saja, seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Memiliki daging buah yang cukup tebal, manis dan beraroma wangi membuat buah nangka menjadi buah yang digemari banyak orang.

Nangka bisa diolah menjadi kue, keripik, topping es hingga sayuran. tStok yang melimpah membuat harga nangka di Indonesia cukup murah sekitar Rp 20-50 ribu. Warga Singapura yang sedang berada di Swiss terkejut saat tahu buah nangka di supermarket Swiss membanderol harga SGD 252 (Rp 2.580.497) untuk satu buah nangka utuh seberat 9,1 kg.

Dikutip dari DetikFood, warga Singapura yang bernama Tan tersebut langsung membagikan pengalamannya kepada sosial media. Menurut Tan harga yang ditawarkan untuk buah nagka tersebut sangatlah tidak wajar.

2. Batang Pisang

Foto : Batang pisang, dijual sangat mahal di Amerika.

Sobat milenia, tahukah bahwa batang pisang ternyata memiliki harga yang mahal saat di luar negeri? Kebanyakan di Indonesia, batang pisang dianggap remeh karena menganggapnya seperti sampah.

Dilansir dari Cure Joy, batang pisang memiliki manfaat untuk menyembuhkan anemia, mengatur tekanan darah dan membersihkan saluran kemih. Selin itu bisa juga mengobati diabetes, membakar lemak perut, dan mengontrol berat badan.

Baca Juga : Sobat Milenia, 10 Kulit Buah Ini Dapat Dimakan Bersama Daging Buahnya Tanpa Dikupas

Supermarket di Amerika menjual batang pisang dengan harga USD 5.95 (Rp.85 ribu) untuk satu potong batang pisang yang berukuran kecil. Bahkan dilaman Amazon, bubuk batang pisang dijual dengan harga 24 dolar (Rp.327 ribu) per 300 gram nya. Sontak hal ini membuat netijen Indonesia menjadi terkejut karena batang pisang yang tidak memiliki nilai jual di Indonesia menjadi sangat mahal di luar negeri.

3. Kerak Nasi

Foto : Kerak nasi di Amerika dijual seharga seratus ribu lebih.

Lapisan nasi paling bawah yang biasanya terdapat di panci ini memiliki harga yang mahal juga lho. Biasanya orang Indonesia membuang lapisan yang menjadi kerak kecoklatan ini. Namun di Amerika harga 1 bungkus kerak nasi dibanderol dengan harga USD 7,58 (Rp.108 ribu).

Banyak warga Indonesia yang mempertanyakan apakah warga amerika ada yang tertarik untuk membeli dan memakan kerak nasi tersebut.

4. Bakwan

Foto : Bakwan menjadi cemilan yang digemari oleh masyarakat Indonesia yang merakyat.

Cemilan khas Indonesia ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Warga yang berasal dari Indonesia memperkenalkan bakwan kepada warga Amerika dengan membuka warung yang diberi nama Jancook.

Untuk 1 porsi dengan isi 4 buah bakwan dibanderol dengan harga Rp.70 ribu, perbedaan sangat jauh dengan yang dijual di Indonesia. Sobat bisa dapat 70 bakwan untuk harga segitu. Namun warga Amerika sangat menyukai bakwan ini dan rela mengantre untuk sekedar mencicipinya karena dinilai memili rasa yang enak.

5. Ciplukan/Cecenet

Foto : Ciplukan menjadi tanaman yang tumbuh bebas di Indonesia, bisa bernilai mahal jika dijual ke luar negeri.

Buah ciplukan/cecenet sangat mudah ditemukan karena tumbuh liar pada lahan kosong bahkan dianggap sebagai hama. Tak heran, beberapa orang pun dengan mudah mencabut dan membuangnya. 

Namun di Amerika, buah mungil ini memiliki harga Rp.250 hingga Rp.500 ribu per kilogramnya. Bahkan di situs mysupermarket.co.uk, 70 gram buah ciplukan dibanderol dengan harga Rp.100 ribu.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Mahalnya harga buah ini karena memiliki segudang manfaat diantaranya dapat mengobati influenza, diabetes mellitus, penyakit paru, kaya vitamin A, C dan B kompleks. (Lady Agustine)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...