9 Kampus dengan Sistem Elearning Terbaik

9 Kampus dengan Sistem Elearning Terbaik
Sumber : i0.wp.com

Milenianews.com – Sobat milenia yang ingin melanjutkan pendidikan pada masa pandemi tentu bingung untuk menentukan kampus pilihan kalian. Pasalnya meskipun sistem pembelajaran sudah banyak yang daring, namun tidak sedikit kampus yang baru menerapkan sistem elearning.

Seperti yang kita ketahui, pandemi membuat semua aktivitas berlangsung dari rumah, salah satunya kegiatan pendidikan. Namun tahukah sobat milenia, beberapa kampus sebenarnya sudah menerapkan sistem elearning jauh sebelum pandemi. Berikut ini beberapa kampus dengan sistem elearning terbaik versi MileniaNews.com.

1. Universitas Gadjah Mada

UGM punya program eLISA (eLearning System for Academic Community) untuk mendukung kuliah online-nya. Program yang Tim Inherent UGM kembangkan ini bermanfaat untuk mempermudah proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. eLISA memungkinkan dosen dan mahasiswa meng-upload dan men-download bahan kuliah dan tugas, serta berdiskusi.

Baca Juga : 10 Kampus Swasta/Negeri Terbaik di Kota Hujan Bogor

2. Institut Teknologi Bandung

Mahasiswa yang mengikuti kuliah online di ITB dapat menggunakan sebuah portal kuliah onlineBlended Learning ITB. Mahasiswa bisa mengakses bahan dan materi pembelajaran yang dosen sediakan. ITB juga punya Studio E-learning di mana mahasiswa dapat membuat storyboard dan konten multimedia.

3. Universitas Indonesia

Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di UI telah ada sejak 2002. Di kampus ini, kuliah online merupakan salah satu program perolehan kredit (credit earning). Selain PJJ, UI juga punya Computer Mediated Learning dan Student Centered E-Learning Environment (SCELE). Seluruh program berlajar ini merupakan rancangan dari Computer Learning Resources (CLR) UI.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sharable & Reusable eLearning ITS (Share ITS) adalah sistem pembelajaran online di kampus ITS. Virtual class di Share ITS memungkinkan semua mahasiswa ITS mengikuti perkuliahan dari manapun. Share ITS sendiri merupakan program Hibah TIK Inherent tahun 2006.

Baca Juga : Konten Kreator Materi Perkuliahan, Kembangkan Pembelajaran Online

5. Universitas Bina Nusantara

Binus Online Learning adalah salah satu yang mengantarkan universitas ini menjadi PTS terbaik pertama di Indonesia menurut UniRank. Salah satu alasan mengapa bisa jadi terbaik adalah karena sistem tata kelola kuliah online mereka yang sangat baik. Hal ini membuat kampus swasta ini cukup populer.

6. Universitas Bina Sarana Informatika

Sebagai salah satu kampus teknologi, Universitas BSI telah menerapkan sistem elearning sejak lama. Universitas BSI menerapkan sistem pembelajaran E-learning, dengan nama Learning Management System (LMS).

Namun seiring dengan pengembangannya sistem berganti nama menjadi MyBest. MyBest merupakan singkatan dari My BSI Elearning Sistem. Pengembangan dari sistem sebelumnya membuat sistem lebih mempermudah proses pembelajaran. Sehingga lebih mudah digunakan oleh dosen maupun mahasiswa.

Baca Juga : Meski tanpa Pandemi, UBSI Tetap Siap Terapkan Pembelajaran Daring

7. Universitas Padjadjaran

Unpad juga salah satu kampus yang mempunyai E-Learning Center dengan fasilitas Virtual Based Learning (Vabel). Mahasiswa dapat mengakses modul kuliah, berbagai referensi perkuliahan, bahkan materi kuliah lintas disiplin.

8. Universitas Nusa Mandiri

Sama halnya dengan kampus lain, Universitas Nusa Mandiri juga menawarkan sistem elearning. Universitas Nusa Mandiri menggunakan nama Elnuri atau E-learning Nusamandiri untuk sistem elearning ini. Sekarang berubah menjadi MyELNUSA atau My elearning Nusa Mandiri.

9. Universitas Gunadarma

Sistem e-learning di universitas ini dikelola oleh Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI). Fasilitas kuliah online, seperti e-bookV-class, maupun SAP online, dapat mahasiswa akses dengan mudah meskipun terpisah gedung kuliah di berbagai lokasi.

Respon (18)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *