Tencent Cloud Buka Data Center di Indonesia

Milenianews.com – Raksasa teknologi asal Tiongkok, Tencent baru saja membuka data center atau pusat data Cloud pertama di Indonesia. Perusahan mengatakan, Indonesia menjadi pilihan dengan tujuan agar pelanggan lokal dapat menempatkan data dan mengkomputasi lebih dekat. Oleh karena itu, fasilitas baru ini menawarkan akses ke semua penyedia layanan internet utama di Indonesia dan global.

Selain itu, populasi Indonesia yang banyak juga menjadi pertimbangan kenapa layanan ini hadir di Indonesia. Wakil presiden senior Tencent Cloud Poshu Yeung mengatakan, “Dengan populasi 270 juta, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.” mengutip dari The Register (17/4)

ADOP

“Mengingat struktur populasinya yang lebih muda, ia memiliki dividen demografis internet yang besar dan pasar internet selulernya berkembang dengan cepat” tambah Yeung.

Baca Juga : Microsoft Siap Buka Data Center di Indonesia

Meski protokol gateway Tencent Cloud sudah mencakup seluruh negeri, namun fasilitas yang mereka tawarkan di Jakarta belum lengkap. Menurut laporan, tidak ada layanan komputasi GPU, penawaran tanpa server, API Gateway. Sementara itu penyimpanan untuk file atau arsip, pencegahan DDOS lanjutan juga belum ada. Selain itu, ML-powered Cloud Workload Protection, dan SSL Certificate Service belum ada. Bahkan, antarmuka baris perintah juga tidak tersedia.

Tencent mungkin akan menambahkan lebih banyak layanan pada peluncuran pusat data kedua di Indonesia. Peluncuran ini mungkin akan mereka lakukan pada Agustus 2021 mendatang. Tentunya bersamaan dengan fasilitas kedua untuk Jepang yang kini sedang mereka kerjakan.

Baca Juga : Alibaba Cloud Bangun Data Center Ketiga di Indonesia

Untuk sobat milenia ketahui, persaingan Tencent di pasar Indonesia cukup ketat. Ada Alibaba Cloud yang sudah hadir sejak 2018. Kemudian ada Google Cloud pada 2020, serta Microsoft dan AWS yang juga berencana akan datang juga.

Selain Indonesia, Tencent juga mulai mengoperasikan Cloud di wilayah Asia-Pasifik lainnya, seperti Singapura, Bangkok, Mumbai, Tokyo, Hong Kong, Seoul, dan empat kota di Tiongkok.

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here