Beranda Lifestyle Budaya 12 Bahasa Lisan Tertua di Dunia yang Masih Eksis

12 Bahasa Lisan Tertua di Dunia yang Masih Eksis

Milenianews.com – Bahasa menjadi tumpuan manusia dalam berkomunikasi. Kemampuan manusia dalam berbahasa juga berkembang dari waktu ke waktu. Ada juga beberapa bahasa lisan tertua di dunia yang masih eksis.

Sejak ribuan tahun lalu, bahasa sudah menjadi alat berkomunikasi antar sesama manusia, di semua belahan dunia. Seiring bertambahnya waktu, bahasa kuno mengalami perubahan dan munculnya bahasa modern bukan berarti bahasa kuno langsung lenyap.

Ada beberapa bahasa yang sudah tidak ada, dan ada juga yang masih eksis sampai sekarang.

- Advertisement -

Baca Juga : Mahasiswa UBSI Boyong Berbagai Juara Ajang Lomba Pidato 5 Bahasa Asing Tingkat Nasional

Saat ini, bahasa banyak mendapatkan modifikasi dan penambahan kata.

Lalu, bahasa lisan tertua di dunia (kuno) apa saja yang masih digunakan sampai saat ini, berikut rangkumannya:

  1. Ibrani

- Advertisement -

Bahasa Ibrani sebagai salah satu bahasa tertua di dunia
Foto : Tulisan bahasa Ibrani dalam sebuah prasasti. (via: IDNTimes).

Bahasa Ibrani menjadi bahasa resmi Israel. Ibrani mulai digunakan sejak abad ke-10 SM. Meski sebelumnya sempat hilang, sebagai bahasa sehari-hari, dengan munculnya zionisme menjadikan Ibrani menjadi bahasa populer orang Yahudi lagi di seluruh dunia.

2. Bahasa Gaelik Irlandia

Meski penuturnya relatif kecil, Gaelik bahkan menjadi bahasa lisan yang ada sebelum bahasa Latin. Sampai saat ini Gaelik menjadi bahasa resmi Irlandia dan menjadi bahasa minoritas di Irlandia Utara.

3. Arab

Foto : Bendera Arab Saudi berkibar di depan gedung istana kerajaan.

Bahasa Arab menjadi bahasa yang paling banyak digunakan dalam sains, matematika dan filsafat.

Selain itu, bahasa Arab menjadi bahasa resmi untuk 28 negara juga menjadi salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

4. Tamil

Bahasa Tamil berasal dari tahun 300 SM dan menjadi bahasa klasik yang paling lama di dunia. Keberadaannya sudah ada selama lebih dari 2.000 tahun.

Sementara itu, bahasa Tamil menjadi bahasa resmi di negara bagian Tamil Nadu di India, Wilayah Persatuan Puducherry serta di negara Sri Lanka, India, dan Singapura. 

5. Persia

 

Sudah ada sejak 600 SM, menjadikan bahasa Persia sebagai bahasa tertua di dunia. Bahasa Persia modern berevolusi sampai sekitar tahun 800 M.

Saat ini, bahasa Persia digunakan di Iran, Afghanistan, Tajikistan dan wilayah lainnya.

6. Bahasa Mandarin (China)

Foto : Bahasa Mandarin.

Menurut laporan Sindonews.com, sekitar 16% populasi di dunia memperkirakan berbicara dengan bahasa Mandarin. Bahasa ini berasal sudah digunakan lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Bahasa China Kuno (Bahasa tertua China) saat ini memang tak digunakan lagi. Namun beberapa dialek yang bercabang dari bentuk aslinya, masih digunakan secara luas.

Karena hal tersebut juga, bahasa Mandarin menjadi salah satu bahasa resmi PBB. Bahasa Mandarin menjadi bahasa resmi 3 negara yakni China, Taiwan, dan Singapura.

7. Bahasa Basque

Foto : Para penduduk Basque, negara bagian di Spanyol.

Para ilmuwan tak bisa memperkirakan dari kapan pertama kali bahasa Basque digunakan. Hal ini juga membuat bahasa Basque menjadi bahasa paling misterius di dunia.

Namun, beberapa fakta menyebutkan bahwa bahasa ini hidup dari zaman pra Indo-Eropa, sebelum bangsa Romawi masuk ke Spanyol sekitar abad ke-2 Masehi.

Bahasa ini menjadi bahasa sehari-hari masyarakat di wilayah negara Basque (Spanyol).

8. Yunani

Foto : Negara Yunani. (via: futuready)

Banyak cerita mitologi dewa-dewa yang berasal dari Yunani. Bahasa yang familiar disebut Latin ini, juga merupakan bahasa para filsuf, pemikir, dan cendikiawan besar. Saat ini, bahasa Yunani Kuno telah berevolusi sekitar abad ke-11 SM.

Selain itu, bahasa Yunani juga menjadi salah satu bahasa resmi PBB dan menjadi bahasa resmi Yunani dan Siprus.

9. Prancis

Foto : Bendera Prancis. (via: Republika)

Rupanya bahasa paling romantis di dunia, juga menjadi bahasa lisan tertua di dunia. Bahasa ini menjadi bahasa resmi dari negara Prancis.

Tak hanya itu, selain di negara Prancis, di negara Belgia, Kanada, Rwanda, Kamerun, dan Haiti juga menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya.

10. Bahasa Melayu-Indonesia

Foto : Bendera Indonesia. (via:rri.co.id)

Penutur bahasa Melayu-Indonesia menjadi yang terbanyak dan digunakan oleh mayoritas di Malaysia dan Indonesia. 

Hal tersebut bisa terjadi karena Indonesia menjadi negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia.

Berbeda dengan Melayu Malaysia, namun rumpun dan kesamaan akar linguistiknya menjadikan bahasa Melayu punya banyak penutur.(sumber:Liputan6.com).

11. Rusia

Foto : (via: Rusia Beyond)

Wilayah negara Rusia menjadi negara paling luas di dunia. Menjadikan bahasa Rusia juga menjadi bahasa resmi di negara-negara eks Uni Soviet, seperti Belarus, Kazakhstan. Bahasa Rusia juga menjadi salah satu bahasa resmi di PBB.

12. Portugis

Foto : Bendera negara Portugal, tempat asal bahasa Portugis.

Negara Portugal berhasil mendapat kemerdekaan dari Spanyol pada abada ke-12. Setelah itu, Portugal melakukan ekspansi ke semua belahan dunia.

Ekspansi tersebut, menjadikan bahasa Portugis sebagai bahasa resmi dari beberapa negara, yakni Brasil, Makau, Angola, Venezuela, dan Mozambik.(Rifqi Firdaus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

4 Alasan Siswa Memilih Gap Year Saat Melanjutkan Pendidikan

Milenianews.com - Tahukah sobat milenia apa itu Gap Year? Istilah ini menggambarkan siswa yang tidak langsung melanjutkan pendidikan formal, setelah lulus SMA/SMK sederajat. Banyak...

Nokia akan Luncurkan Tablet Dengan Prosesor Unisoc

Milenianews.com - HMD Global, perusahaan asal Finlandia yang berafiliasi dengan Nokia, mengumumkan akan menggelar acara peluncuran pada 6 Oktober 2021 mendatang. Nokia meluncurkan pengumuman ini melalui...

‘Changed’, Cara Naykilla Ubah Kekecewaan Jadi Motivasi Untuk Cintai Diri

Milenianews.com, Jakarta - Industri musik di Indonesia semakin ramai dengan kedatangan musisi wanita dengan ciri khas musiknya hingga warna vokal yang ia punya. Musisi...

Dokumenter Kasus Britney Spears Akan Tayang di Netflix

Milenianews.com - Netflix berencana akan merilis film dokumenter tentang kasus Britney Spears yang berjudul "Britney vs Spears" pada 28 September 2021 mendatang. Film dokumenter ini berfokus pada kasus konservatori...