Beranda News 320 Kiai Meninggal karena COVID-19

320 Kiai Meninggal karena COVID-19

Milenianews.com, Jakarta – Nahdlatul Ulama (NU) mencatat lebih dari 320 kiai meninggal akibat COVID-19. NU mendukung penuh program vaksinasi, khususnya pada kelompok lanjut usia (lansia).

“Sampai saat ini sudah terdata lebih dari 320 kiai dan ibu nyai yang meninggal karena COVID-19,” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli COVID-19, Makky Zamzami dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2).

Baca Juga : Seminggu, TPU Bambu Wulung Makamkan 425 Jenazah Covid-19

Makky mengatakan ada sembilan juta anggota NU yang berusia di atas 60 tahun. Maka dari itu, NU menyambut baik keputusan pemerintah memprioritaskan vaksinasi bagi lansia pada tahap kedua.

“Strategi (vaksinasi) ini harus segera terwujud karena ini akan sangat membantu,” ucapnya.

Vaksinasi tahap kedua untuk lansia

Ia menyebut, NU siap membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi. Mereka bakal mensosialisasikan manfaat dan keamanan vaksin COVID-19 di masyarakat.

“NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk kami juga bisa mendampingi,” ucap dia.

Makky mengusulkan pemerintah membuat skema pelayanan vaksinasi satu hari penuh bagi lansia. Skema pelayanan ini penting agar penyuntikan vaksin bisa segera selesai.

“Ketika tensi atau gulanya tinggi, harus turun dulu dan di observasi dalam satu hari penuh kemudian baru vaksinasi,” ucap Makky.

Sebanyak 181,5 juta dari 270 juta penduduk Indonesia, mendapat prioritas penyuntikan vaksin. Tahap satu sudah berlangsung dengan upaya penyuntikan terhadap tenaga kesehatan (nakes), sebanyak 1.468.764 jiwa.

Baca Juga : Ashanty dan Keluarga Positif COVID-19

Vaksinasi tahap awal kepada nakes ditargetkan selesai akhir Februari 2021. Sementara itu, vaksinasi COVID-19 tahap kedua sudah mulai pada Rabu, 17 Februari 2021. Sasaran program ini ialah petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia).

Total 38 juta orang bakal menerima vaksin pada tahap kedua. Tahapan ini dimulai dari Pulau Jawa dan Bali. Tahap ini juga menargetkan rampung pada Mei 2021.(Ahmad Fachrurozi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...