Beranda Lifestyle Kesehatan Selain Sebagai Lalapan, Ini Khasiat lain Daun Kemangi

Selain Sebagai Lalapan, Ini Khasiat lain Daun Kemangi

Milenianews.com, Jakarta – Di Indonesia, daun kemangi biasa populer sebagai lalapan serta rempah pelengkap pepes. Selain memberikan rasa dan aroma yang harum untuk makanan kamu, khasiat daun kemangi berguna untuk kesehatan.

Mengutip dari NDTV Food, ada beberapa khasiat daun kemangi yang perlu kamu ketahui antara lain:

Baca Juga : Konsumsi Makanan ini Bisa Bantu Mencegah Kanker Payudara

Khasiat Daun Kemangi

1. Baik untuk Pencernaan

Mengutip dari buku ‘Healing Foods‘ oleh DK Publishing, daun kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi memperkuat sistem pencernaan dan saraf serta dapat menjadi obat yang baik untuk sakit kepala dan insomnia.

Eugenol yang ada pada daun memberikan tindakan anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

2. Anti Inflamasi

Kemangi dan sifat anti-inflamasinya yang kuat terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan.

Sifat anti-inflamasi dari kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kondisi radang usus. Konsumsi kemangi juga bisa meredakan demam, sakit kepala, radang tenggorokan, masuk angin, batuk, flu.

3. Melawan Depresi

Minyak esensial kemangi juga dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan.

Ramuan ini dapat merangsang neurotransmitter yang mengatur hormon yang bertanggung jawab untuk mendorong kebahagiaan dan energi. Kemangi menjadi adaptogen yang kuat atau agen anti stres.

4. Mengontrol Diabetes

Konsumsi kemangi dapat menyebabkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, yang sangat penting bagi penderita.

Ramuan ini memiliki kandungan glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial yang ada dalam kemangi juga membantu mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko tetap di antara penderita diabetes.

5. Mampu Memerangi Aktivitas Radikal Bebas

Menurut buku ‘Healing Foods‘, ramuan kuliner tersebut mengandung berbagai antioksidan alami, yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah atom yang tidak stabil.

Sedangkan untuk menjadi stabil, mereka mengambil elektron dari atom lain dan membentuk rantai. Rantai radikal bebas ini menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sel.

Baca Juga : 8 Tips Belanja Makanan Sehat Disaat Pandemi

Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, seseorang harus menambah asupan antioksidan.

Sementara, Basil mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang kita kenal sebagai orientin dan viceninare. Maka dari itu, Antioksidan kuat ini memperkuat sistem kekebalan, melindungi struktur sel, DNA, dan menunda efek penuaan kulit.(Ahmad Fachrurozi)

8 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...