Syarat Kelulusan dan kenaikan kelas 2021 UAS

Milenianews.com, Jakarta – Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) meniadakan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan sebagai syarat kenaikan dan kelulusan siswa tahun 2021. 

Pandemi COVID-19 memaksa kegiatan belajar mengajar di sekolah terhenti. Segala aktivitas, semuanya serba daring. Melalui Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2021 Nadiem juga menjelaskan 4 cara untuk kenaikan kelas bagi siswa.

ADOP

Baca Juga : Nadiem Makarim Beri Imbauan Maba Universitas Nusa Mandiri

Tentu saja, hal itu menjadi langkah yang tepat guna mencegah penyebaran COVID-19 yang semakin luas. 

“Maka langkah responsif harus kita lakukan, yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan,” paparnya, mengutip Kompas.com, Senin (8/2).

4 syarat kenaikan kelas tahun 2021, sesuai SE Mendikbud

Foto : Siswa sekolah dasar terlihat memakai masker saat masuk sekolah di masa pandemi (via kompas.com)

Portofolio berupa evaluasi nilai rapor, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi. Prestasi ini yang pernah siswa dapatkan sebelumnya, baik penghargaan, hasil lomba dan lain-lain).

Lalu, ada tugas, kemudian ada tes, baik secara daring maupun luring. Sedangkan yang terakhir adalah kegiatan penilaian yang ditetapkan oleh satuan pendidikan (sekolah).

“Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Serta tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh,” kata Nadiem.

Baca Juga : Nadiem Makarim Perjuangkan Hak-hak Guru Honorer

Meski UAS tetap ada, sebagai penentu kenaikan kelas, sekolah harus merancang agar mampu mendorong aktivitas belajar yang bermakna.(Rifqi Firdaus)

9 KOMENTAR

  1. Semangat buat adek – adek yang masih sekolah & emak- emak yang kembali terpaksa sekolah.
    Semoga pandemi ini cepat berlalu biar semua kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here