Daftar Tempat Wisata di Jabodetabek yang Dibuka saat New Normal

Wisata di Jabodetabek akan DIbuka

Milenianews.com, Jakarta – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta untuk menyambut new normal (normal baru), beberapa tempat wisata di Jabodetabek pun akan segera dibuka kembali. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memberi izin untuk museum, perpustakaan, taman/RPTRA, dan pantai untuk dibuka kembali, pada 8-14 Juni. Sementara, tempat-tempat perbelanjaan seperti mal, taman rekreasi dan kebun binatang, akan beroperasi pada 15-21 Juni.

Baca Juga : FEB UBSI dan ICPI Gelar Webinar Pariwisata di Era New Normal

Berikut beberapa tempat wisata di Jabodetabek yang kembali dibuka, dikutip Antara, Senin (8/6) :

Monumen Nasional (Monas)

Foto : Monumen Nasional (Monas) akan kembali dibuka saat masa PSBB transisi.

Monas akan kembali dibuka saat masa PSBB transisi. Rencananya, Monas akan dibuka di minggu ketiga pada tanggal 15-21 Juni.

Namun dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

Pantai Ancol

Foto : Ancol akan segera dibuka.

Kembalinya dibuka Ancol, Manajemen Ancol sedang melakukan berbagai persiapan protokol kesehatan sebagai standar pelayanan baru. 

Rencananya, pengelola akan menerapkan pembelian tiket yang dilakukan secara daring, pembayaran nontunai, pembatasan jumlah pengunjung. Selain itu, prokes juga akan diterapkan, seperti wajibnya menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh dan jaga jarak.

Kota Tua

Foto : Kota Tua.

Wisata Kota Tua juga akan kembali dibuka. Museum-museum di Kota Tua juga sudah mulai dibuka di pekan kedua masa transisi PSBB.

Diantaranya, seperti museum sejarah Jakarta, Museum seni rupa dan keramik, dan museum wayang. Namun, tetap menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung, penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, dan jaga jarak.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Foto : Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Selanjutnya, adalah TMII yang akan segera dibuka. Tapi jumlah wisatawan yang masuk hanya sepertiga dari kapasitas tampung saat pemberakuan new normal.

Juga, wahanan di ruangan tertutup akan ditutup sementara. Seperti bioskop Keong Mas dan wahana air. Sedangkan untuk wahana di luar ruangan, seperti kereta gantung, Anjungan Nusantara, dan Taman Burung akan dibuka.

Jam operasional yang diberlakukan juga mengalami perubahan, menjadi pukul 08.00-20.00 WIB untuk pintu masuk. Untuk wahana di dalam TMII pukul 08.00-16.00 WIB.

Kebun Binatang Ragunan

Foto : Area kebun binatang Ragunan.

Taman Margasatwa Ragunan juga akan segera beroperasi kembali sesuai aturan yang berlaku. Ragunan akan membatasi pengunjung di hari biasa sebanyak 5.000 orang, dan akhir pekan sebanyak 10.000 orang.

Setiap pengunjung diharuskan mendaftar secara daring sebelum ke Ragunan. Waktu layanan juga dibatasi, yakni pukul 08.00-13.00 WIB.

Taman Safari Bogor

Foto : Taman Safari Bogor.

Taman Safari Indonesia, yang berada di Puncak Bogor juga diperbolehkan kembali beroperasi. Namun, wahana permainan dan wahanan air belum boleh dibuka.

Wisatawan hanya boleh melihat binatang berkeliling menggunakan mobil dan tidak diperbolehkan untuk keluar mobil.

Museum dan Galeri

Foto : Museum Galeri.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi dilaporkan akan membuka layanannya pada Selasa (9/6), dengan pembatasan jumlah pengunjung, serta menyiapkan sejumlah alat protokol kesehatan standar.

Baca Juga : Tempat Wisata Bogor Taman Safari Perpanjang Waktu Tutup

Sementara, Galeri Nasional juga diberitakan tengah bersiap untuk kembali membuka kunjungan bagi publik, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *