Beranda News Data Pengguna Berhasil Diretas, Ini Kata Bhinneka

Data Pengguna Berhasil Diretas, Ini Kata Bhinneka

Milenianews.com – Bhinneka menjadi perusahaan ecommerce Indonesia kedua setelah Tokopedia yang berhasil diretas oleh kelompok peretas bernama ShinyHunters.

Dilaporkan 1,2 juta data pengguna Bhinneka berhasil diretas. Para peretas pun sudah menjual data tersebut di dark web, yang membuat para penggunanya khawatir akan data pribadi mereka.

Group Head, Brand Communication &  PR Perusahaan Bhinneka, Astrid Warsito menyebutkan Pihakya mengakui adanya usaha peretasan data pelanggan. Dan Bhinneka juga sudah memberikan pernyataan resmi terkait dengan peretasan ini. Berikut ini isi dari pernyataan tersebut:

- Advertisement -

“Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang muncul, sehubungan dengan pemberitaan peretasan data akun pengguna Bhinneka.Com. Hingga saat ini, kami masih melakukan investigasi yang mengenai kebenaran berita tersebut dan juga melakukan investigasi di internal sistem Bhinneka sehubungan dengan dugaan tersebut,” ungkap Astrid dikutip dari tek.id pada Senin(11/5).

Baca Juga : Selain Tokopedia, Bhinneka dan 9 Perusahaan Lainnya juga Diretas 

- Advertisement -

“Kami telah menerapkan standar keamanan global PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) dari TUV Rheinland untuk melindungi pelanggan kami.  Namun ada baiknya, kita bersama-sama menghindari segala niat yang kurang baik dan mencegahnya bersama.” lanjutnya.

Bhinneka menyarankan pengguna untuk segera mengganti password serta memberi sedikit tips dalam mengamankan password:

1. Mengganti password secara berkala dan ini saat yang tepat untuk mengganti yang baru.
2. Tidak menggunakan password yang sama untuk berbagai layanan
3. Menggunakan email yang berbeda untuk aktivitas transaksi online
4. SEGERA gunakan password yang kuat: minimum 8 (delapan) karakter, kombinasi huruf besar dan kecil, kombinasi angka, jangan gunakan identitas atau informasi terkait dengan diri Anda, dan kombinasi simbol.

Bhinneka mengklaim bahwa password pelanggan di database selalu dienkripsi. “Kami tidak menyimpan data kartu kredit ataupun debit, semua data pembayaran langsung terkoneksi dengan payment gateway. Selain itu tidak ada uang elektronik atau digital goods lainnya yang datanya tersimpan di sistem kami.” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

6 Situs Tes CPNS Online 2021 Gratis

Milenianews.com, Jakarta - Tes CPNS 2021 gratis bisa Sobat ikuti sebelum mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2021. Pendaftaran CPNS 2021, dari kabar beredar, akan buka...

SMK Bebas Biaya Bangunan dan SPP? Memangnya ada??

Milenianews.com - Jawabannya tentu ada. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cikra 1 Jakarta membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2021/2022 yang bebas biaya bangunan...

Bupati Mukomuko Minta Blokir Game Online ke Menkominfo

Milenianews.com, Bengkulu - Game online menjadi trend di kalangan anak-anak, yang bisa berdampak negatif jika tidak ada kontrol dari orang dewasa. Guna meminimalisir hal...

Mengejutkan, Ronaldo Sudah Dapat Tawaran dari Barcelona?

Milenianews.com, Jakarta - Masa depan Cristiano Ronaldo di Juventus masih belum jelas. Klub asal Ibu kota ini, tak sanggup lagi membayar gaji sang pemain....