China dan Rusia Bersiap Dirikan PLTN di Bulan

china dan rusia bangun pltn di bulan

Milenianews.com, Jakarta – China dan Rusia bersiap untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga nuklir di permukaan Bulan. Hal ini mereka siapkan guna mendukung kolonisasi Bulan lebih lanjut.

Melansir dari Reuters, Kepala Badan Antariksa Rusia Roscosmos, Yuri Borisov, mengomentari hal tersebut, menyatakan bahwa proyek tersebut diperkirakan selesai pada tahun 2035. Menurut Borisov, China dan Rusia telah bekerja sama dalam ekspedisi bulan dan Moskow dapat membantu dengan pengetahuannya tentang “energi antariksa nuklir”.

Borisov menjelaskan bahwa panel surya tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik, sehingga tenaga nuklir bisa menjadi solusi untuk menghidupkan koloni bulan di masa mendatang. Dia mengatakan bahwa ini adalah masalah yang rumit dan harus diselesaikan secara mandiri, tanpa campur tangan manusia.

Selain itu, Borisov juga mengindikasikan rencana Rusia untuk membangun pesawat ruang angkasa pengangkut bertenaga nuklir. Dia menyebutkan bahwa semua masalah teknis proyek tersebut telah diselesaikan, kecuali untuk menentukan cara mendinginkan reaktor nuklir.

Baca juga: OpenAI Bilang Elon Musk Mau “Kuasa Penuh” Perusahaan

China dan Rusia ingin bawa AI ke level yang lebih jauh

Setelah membahas isu-isu terkait “senjata AI” dan “keamanan luar angkasa” sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa telah terjadi dialog yang mendalam tentang pemanfaatan teknologi AI antara pejabat China dan Rusia.

Tetapi, beberapa pekan lalu, Komite Intelijen DPR AS (HIC) memberi tahu Kongres tentang bahaya keamanan nasional yang serius, akibat rencana Rusia yang diduga untuk membuat kemampuan anti-satelit berdaya nuklir.

Dikabarkan bahwa Rusia telah memberikan pernyataan tentang rencananya untuk membuat senjata nuklir yang bisa merusak satelit dari orbit, meskipun senjata itu belum dikirim ke orbit.

Baca juga: Janin Rembulan

Ancaman tersebut memunculkan kekhawatiran bahwa satelit yang penting untuk komunikasi sipil Amerika, navigasi, operasi militer, dan pengumpulan intelijen dapat menjadi sasarannya. Ini menunjukkan eskalasi dalam persaingan antara kekuatan-kekuatan utama di luar angkasa, serta kompleksitas geopolitik di era eksplorasi luar angkasa.

Dengan begitu, banyak negara yang berinvestasi dalam teknologi antariksa dan perlombaan untuk eksplorasi luar angkasa yang terus berkembang, kontrol dan keamanan di orbit Bumi menjadi semakin penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan peradaban modern.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *