Pesantren Darul Akhyar Menekuni Nahwu Sharaf

Para santri Pondok Pesantren Darul Akhyar Parung Bingung, Kota Depok, belajar ilmu nahwu (gramatika Arab) dan ilmu sharaf (morfologi Arab). (Foto: Dok Ponpes Darul Akhyar)

Milenianews.com, Depok– Pondok Pesantren Darul Akhyar, Parung Bingung, Kota Depok membimbing santri untuk belajar ilmu nahwu (gramatika Arab) dan ilmu sharaf (morfologi Arab).

“Waktunya pagi, siang, dan malam. Kitab yang dijadikan referensi untuk tingkat dasar ilmu nahwu adalah Matan Jurumiyah dan Matan al-Izza untuk ilmu sharaf,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Darul Akhyar, Dr. KH. Syamsul Yakin MA., dalam rilis yang diterima Milenianews.com, Jumat (9/2/2024).

Ia menambahkan, bagi tingkat menengah santri Darul Akhyar diajarkan kitab Syarah Jurumiyah untuk ilmu nahwu. Sementara untuk ilmu sharaf diajarkan kitab Syarah Kailani.

“Pemilihan kitab-kitab tersebut diajarkan sesuai tingkat kerumitan materi. Kitab Matan Jurumiyah dan Matan al-Izza relatif sederhana dan mudah diipelajari bagi santri pemula,” ujar Kiai Syamsul Yakin.

Sementara untuk tingkat intermediet, kata Syamsul Yakin, kitab ilmu nahwu dan sharaf yang paling representatif adalah Syarah Jurumiyah dan Syarah Kailani. “Kedua kitab ini kadar kesulitan lebih tinggi dari kedua kitab matan di atas,” tuturnya.

Berikutnya untuk tingkat tertinggi adalah advanced. “Baik untuk ilmu nahwu maupun  ilmu sharaf yang dipelajari adalah kitab Alfiyah Ibnu Malik yang terdiri seribu bait kurang beberapa,” kata Syamsul Yakin yang sehari-hari  juga merupakan  dosen Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia menjelaskan, untuk pembagian tingkat didasarkan pada masa belajar. Tingkat pemula diberikan pada dua tahun lamanya. Begitu juga tingkat menengah dan advanced masing-masing ditempuh selama dua tahun jadi santri di Darul Akhyar.

Baca Juga : Dr. K.H. Syamsul Yakin M.A.: Idul Fitri adalah Hari Pembagian 3 Trofi

“Inilah ikhtiar Pondok Pesantren Darul Akhyar untuk mengajarkan ilmu nahwu dan ilmu sharaf. Para pengajar secara umum adalah lulusan pondok pesantren dan perguruan tinggi ternama,” ujarnya.

Syamsul Yakin menyebutkan, para pengajar mayoritas lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk jenjang S1, S2, dan S3 (doktor). “Silakan kunjungi Pondok Pesantren Darul Akhyar di  Parung Bingung, Kota Depok,”  kata Dr. KH. Syamsul Yakin MA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *