SNMPTN 2019, Peran Kepala Sekolah Sangat Vital

SNMPTN 2019

Milenianews.com, Jakarta – Bagi kalian siswa-siswi kelas 3 SMA/SMK/Sederajat, siapkan sekarang untuk mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Persiapkan dari sekarang dengan belajar dan asah mentalnya.

Seleksi Nasional Masuk Tinggi Nasional (SNMPTN) 2019 telah dibuka Jumat (4/1) silam. SNMPTN 2019 diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMPT), yang berada dibawah naungan Kementiran Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti).

Baca Juga : SNMPTN 2019, Terapkan Sistem Baru

Kuota SNMPTN Berkurang SBMPTN Bertambah

SNMPTN 2019

LTMPT telah menetapkan kuota SNMPTN 2019, yang jelas sekarang ada pengurangan kuota dibanding tahun lalu. Dari kuota minimum 30 persen, menjadi 20 persen di tahun ini.

Itu berbanding dengan SBMPTN, kuota jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) mengalami penambahan menjadi minimum 40 persen yang sebelumnya 30 persen. Artinya untuk SNMPTN berkurang 10 persen juga SBMPTN mengalami kenikan 10 persen.

Baca Juga : Asyik! Kuota Bidikmisi Dinaikan 50 Persen

Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2019

Selain itu, LTMPT juga menerapkan tahapan mengikuti SNMPTN 2019. Disini peran sekolah juga terlibat sangat penting. Tahapan tersebut terdiri dari :

  1. Kepala Sekolah atau pihak sekolah harus mengisikan data sekolah dan siswa di Pangakalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Nantinya, Kepala Sekolah akan mendapat password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa diwajibkan untuk verifikasi data jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang telah diisikan oleh Kepala Sekolah atau pihak sekolah, menggunakan NISN dan Password.
  4. Apabila tidak diverifikasi siswa, maka data tersebut otomatis dianggap sah dan tidak dapat diubah lagi. (Ikok)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *