Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika, Agar Tidak Pusing

Cara Mengerjakan Soal Cerita Matematika

Milenianews.com – Mengerjakan soal-soal matematika, terkadang menjadi hal yang tak diinginkan para pelajar sekolah. Terlebih soal cerita matematika, karena banyak yang menganggap sangat menyulitkan, menakutkan bahkan menyebutnya cobaan.

Tak heran jika banyak siswa yang mengeluh pada soal cerita matematika. Pasalnya, tidak hanya sekedar berhitung, namun siswa juga harus punya kemampuan nalar yang baik.

Baca Juga : Tips, Ketemuan Sama Gebetan Agar Terkesan Denganmu

Siswa harus dapat mengubah soal cerita ke model matematika. Namun, jangan khawatir, selalu ada cara untuk mengatasi permasalah-permasahalan yang ada.

Kali ini milenianews, akan membahas cara mengerjakan soal cerita matematika, dengan mudah, menurut dari seorang guru matematika

Foto : Ilustrasi siswa SMA Sumber asli: Milenianews.

Pertama, Pahami Dulu Soal Ceritanya

Sobat harus perhatikan, membaca dulu soalnya sampai benar-benar paham dengan pertanyaannya. Jika masih belum jelas, coba untuk membacanya lagi.

Terkadang, membacanya berulang-ulang, sering terabaikan. Akibatnya siswa secara tak sadar menganggap bahwa tidak akan mampu mengerjakan soal itu.

Padahal, untuk mengerjakan soal cerita matematika atau pun pelajaran lainnya, harus mau mencobanya dulu.

Ubah bentuk soal cerita

Tips selanjutnya, pastikan Sobat mengubah soal cerita matematika menjadi bentuk deskripsi : diketahui, ditanya, dijawab. Hal ini akan mempermudah dan juga bisa meminimalisir waktu agar tidak perlu membaca tulisan yang panjang.

Latihan berulang-ulang

Dengan rajin berlatih secara berulang-ulang, akan membuat Sobat terbiasa untuk mengerjakan soal cerita. 

Misalnya, saat baca soal tersebut, maka akan langsung mengubah soalnya, dengan ketentuan cara poin kedua. Begitupun untuk soal cerita matematika lainnya.

Jangan terburu-buru

Kebiasaan terburu-buru mengerjakan soal cerita, tidak akan bikin Sobat fokus. Malah akan semakin buyar. Makanya, jika sering terjawab dengan langkah-langkah pengerjaan yang benar, akan tetapi jawabannya masih salah atau belum tepat.

Baca Juga : 5 Tips Merencanakan Traveling saat Pandemi

Maka perlu evaluasi kembali. Belajar matematika bukan hanya berfikir sistematis, namun juga harus bersabar agar mendapatkan hasil yang sebenarnya.

Nah, itu tips agar mengerjakan soal cerita matematika tidak pusing. Tetap semangat terus belajarnya ya Sobat milenia.

Respon (16)

  1. Matematika bukan kemampuan menghitung aja tapi kemampuan bernalar dan memecahkan masalah juga? terimakasih tips nya min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *