News  

WHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global Covid-19

WHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global Covid-19!

Milenianews.com, JakartaWorld Health Organization (WHO) telah resmi mengumumkan bahwa status darurat kesehatan global pandemi covid-19 telah berakhir. Deklarasi ini disampaikan oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada konferensi pers di Geneva, Jumat (5/5) kemarin.

Melansir dari CNN, Komite Darurat badan kesehatan global melakukan pertemuan pada Kamis (4/5) dan merekomendasikan organisasi PBB untuk mendeklarasikan berakhirnya krisis virus corona.

Baca juga : Jeno NCT Positif Covid, Semua Jadwal Pentas Tertunda

Status dunia menghadapi covid-19 dengan tingkat kewaspadaan tinggi ini telah berlalu sejak 30 Januari 2020 namun telah mengalami penurunan kasus sejak tahun lalu.

“Selama lebih dari satu tahun, pandemi telah mengalami masa penurunan dengan peningkatan kekebalan populasi dari vaksinasi dan infeksi, penurunan angka kematian, dan tekanan pada sistem kesehatan berkurang. Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Tedros.

Meski begitu, Covid-19 tetap masih bisa menjadi ancaman

Ia menambahkan bahwa, berakhirnya status ini bukan berarti Covid-19 berakhir sebagai ancaman kesehatan global. Tedros mengatakan masih ada risiko munculnya varian baru dan menyebabkan lonjakan kasus lainnya. Ia memperingatkan pemerintah nasional agar tidak membongkar sistem yang telah mereka bangun untuk melawan virus.

“Virus ini akan tetap ada. Masih membunuh dan masih dapat berubah,” ungkapnya.

Baca juga: Varian Baru, Covid-19 Berpotensi Melonjak Lagi?

Tingkat kematian akibat covid-19 telah melambat dari puncaknya lebih dari 100 ribu orang per minggu pada Januari 2021 menjadi lebih dari 3.500 dalam seminggu hingga 24 April 2023, menurut data WHO.

Per 3 Mei, ada lebih dari 765 juta kasus covid secara global, termasuk lebih dari 6,9 juta kematian. Hingga 30 April, total 13,3 miliar dosis vaksin telah diberikan di seluruh dunia.

Selain itu, masih banyak ketidakpastian seputar long covid, di mana gejala penyakitnya tetap ada setelah infeksi awal. Untuk itu, sobat milenia harus tetap menjaga kekebalan tubuh agar tetap selalu sehat. Pastinya lebih baik mencegah dari pada mengobati ya, Sobat.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *