TipTip, Platform Terpadu Dukung Konten Kreator Indonesia Resmi Meluncur

TipTip, Platform Terpadu Dukung Konten Kreator Indonesia Resmi Meluncur

Milenianews.com, Jakarta – TipTip, sebuah platform terpadu untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara resmi meluncur. TipTip resmi hadir untuk publik melalui acara Grand Launch yang berlangsung di Sheraton Gandaria City, Jakarta pada Rabu (13/7) kemarin.

Acara ini juga turut disiarkan secara langsung untuk masyarakat luas melalui . Melalui kegiatan ini, TipTip juga memperkenalkan Triawan Munaf, selaku Presiden Komisaris TipTip.

Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan berbagai konten kreator terkemuka. Beberapa diantaranya, dr. Reisa Broto Asmoro, Babe Cabita, Fauzan Al Rasyid dan dr Shane Cornish, CBS, IBCLC.

Baca juga : Mark Zuckerberg Janjikan Konten Kreator Facebook dan Instagram Dapat Cuan

Sementara itu, Albert Lucius, selaku Founder TipTip, menjelaskan besarnya potensi dari ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia. Serta bagaimana TipTip hadir sebagai platform untuk mendukung konten kreator Indonesia untuk terus berkarya dan memanfaatkan peluang tersebut. Terlebih, TipTip hadir dengan peluang monetisasi untuk para konten kreator, tanpa memerlukan audiensi yang besar.

“Kami menyadari besarnya peluang yang belum tersalurkan dari para pelaku konten kreator di Indonesia. Kita memiliki berbagai talent dan konten berkualitas. Sayangnya komunitas lokal belum  berkembang sepenuhnya karena sulitnya membangun target audiensi,” ujar Albert.

“TipTip hadir sebagai platform untuk menghubungkan para konten kreator dan fansnya, di saat bersamaan menghadirkan kesempatan monetisasi secara langsung tanpa perlunya audiensi yang besar. Kami harap TipTip dapat membuka peluang para konten kreator di Indonesia untuk terus berkarya dan berkembang di tengah pesatnya kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia.,” lanjutnya.

TipTip hadir untuk mengisi kesenjangan akan beberapa fitur penting yang menjadi perhatian kreator konten di negara-negara berkembang. Banyak kesenjangan terutama untuk konten kreator di wilayah Asia Tenggara, seperti kurangnya peluang monetisasi, pembayaran lokal & integrasi KYC (know-your-customer) yang terbatas, serta tantangan terkait pembuatan & distribusi konten melalui perangkat smartphone.

Baca Juga : Pembuat Konten Youtube Shorts, Bisa Dapat Bayaran Hingga Rp 143 Juta

TipTip Dukung Pertumbuhan Konten Kreator Indonesia

Pertumbuhan konten kreator di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang besar. Bahkan menurut prediksi pasar industri ini di Indonesia akan mencapai 4 triliun hingga 7 triliun rupiah pada waktu mendatang.

Berdasarkan Opus Creative Economy Outlook 2020, sektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi sebesar 1,1 triliun rupiah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 17 juta tenaga kerja.

Mengomentari data tersebut, Triawan Munaf, Presiden Komisaris TipTip, menjelaskan peranan dari TipTip sebagai platform yang berkontribusi pada pertumbuhan industri. “Sebagai platform buatan anak bangsa, TipTip akan menjadi solusi untuk masyarakat terus berkarya dan memanfaatkan besarnya peluang industri ekonomi kreatif. TipTip akan mendukung pertumbuhan industri ekonomi kreatif Indonesia yang juga dapat mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat. Tidak hanya menjadi sarana bagi para konten kreator dalam berkarya, platform ini turut memfasilitasi para masyarakat akan konten-konten yang edukatif dan berguna.,” ujarnya.

Triawan juga berharap dengan adanya platform TipTip ini, para konten kreator bisa mendapatkan wadah untuk berkarya. Platform ini memiliki peran untuk mendorong anak anak bangsa dalam berkarya dan mengapresiasinya dengan baik.

Sementara itu, senada dengan Triawan, dr. Reisa dan Babe Cabita yang juga hadir dalam Grand Launching TipTip memberikan kesan dan pengalamannya menggunakan TipTip.

“TipTip memungkinkan saya untuk melakukan interaksi langsung serta melihat reaksi para penonton baik secara audio maupun video, jadi tidak hanya melihat dari comment aja. Saya merasa bisa semakin engage dengan para penonton dan fans. Layaknya kalo udah video call pasti lebih akrab daripada hanya telfonan maupun chatting,” jelas dr. Reisa Broto Asmoro.

Babe Cabita menambahkan, dengan hadirnya TipTip, semoga kedepannya konten kreator akan semakin menjadi industri yang masyarakat minati. Serta menjadi platform yang sangat mendukung konten kreator untuk berkarya dan penghasilan.

“Tentu saja harapan kedepannya, akan semakin banyak konten kreator yang diuntungkan dari TipTip. Dan industri ekonomi kreatif bisa semakin ditekuni oleh masyarakat luas,” tambah Babe.

Apa itu TipTip?

TipTip adalah platform pilihan bagi para konten kreator untuk dapat berinteraksi dengan para fans serta dapat menambah penghasilan. Seiring berkembangnya ekonomi kreatif di Asia Tenggara, TipTip mendukung para konten kreator untuk meningkatkan pendapatan dengan berbagai inovasi. Salah satunya melalui interaksi dengan fans melalui sesi video interaktif.

Selain itu, TipTip juga menyediakan solusi monetisasi yang lengkap, seperti fitur memberikan tip saat sesi berlangsung, metode pengenalan konsumen, serta pembayaran yang terintegrasi. TipTip mendapat dukungan dari East Ventures, perusahaan venture capital terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Untuk informasi lebih lanjut mengenai TipTip, bisa sobat milenia kunjungi laman http://www.tiptip.tv/.

Kini sobat milenia juga sudah dapat mengakses TipTip. Para pengguna baik para konten kreator maupun masyarakat hanya perlu mengunjungi website www.tiptip.tv untuk melakukan registrasi, atau mengunduh aplikasi TipTip di Google PlayStore. Jika sobat pengguna ekosistem Apple, jangan khawatir. Nantinya kalian juga dapat mengunduh aplikasi TipTip di bulan Agustus 2022 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *