Film, News  

Kemendikbud Ristek Restorasi Film Lawas Indonesia Dr Samsi

Milenianews. com,  Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan film hitam putih hasil restorasi lawas berjudul “Dr. Samsi” produksi tahun 1952 yang merupakan karya perempuan sutradara pertama Indonesia yaitu Ratna Asmara.

Film “Dr. Samsi” merupakan salah satu film dengan materi seluloid 35 mm yang tersimpan dalam koleksi Sinematek Indonesia dengan kondisi yang nyaris punah.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan bagi Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek.

Untuk segera melakukan tindakan restorasi sebagai bentuk penyelamatan dari format seluloid ke format digital yang lebih modern.

Alhamdulillah kami bisa selesaikan proses digitalisasi tahun ini yang menghadirkan film kebanggaan tahun 1952. Film ini kami pilih tidak hanya karena usia yang sudah lebih dari 50 tahun, namun film ini juga mempunyai nilai-nilai sejarah dan budaya,” kata Kepala Koordinator Kelompok Kerja Perizinan dan Arsip Direktorat Film, Musik, dan Media Kemendikbud Ristek Nujul Kristanto sebelum pemutaran film “Dr. Samsi” pada Selasa (19/12) di CGV FX Sudirman, Jakarta.

Baca juga: Film “Gadis Kretek” Dalam Segi Keindahan Sinematik Indonesia Melalui Eksplorasi Kisah dan Pengalaman

Nujul menjelaskan bahwa restorasi dan peluncuran kembali film “Dr. Samsi”. Merupakan upaya menambah kekayaan arsip dan penyelamatan materi yang selama ini pernah menjadi catatan kejayaan sinema nasional.

Pengarsipan dan restorasi film ini menjadi salah satu kerja nyata Kemendikbud Ristek. Untuk menghargai peran para sutradara sekaligus karya-karya dalam membangun industri perfilman Indonesia.

“Hal ini kami lakukan sebagaimana diamanatkan Undang-undang No.33 tahun 2009 tentang Perfilman dan Undang-undang No.5 tahun 2017. Tentang Pelestarian Artefak atau Produk Budaya khususnya film Indonesia,” tutur Nujul.

Biografi sutradara film Dr Samsi

Tak hanya berada di balik layar, Ratna Asmara juga turut membintangi film “Dr. Samsi” dengan memerankan karakter Sukaesih. Selain Ratna, beberapa aktor seni peran yang turut bermain di film ini di antaranya Raden Ismail, M. Said, Kamaludin, Djuwita, Kartini, dan Awaludin. Film “Dr. Samsi” merupakan karya sandiwara yang diciptakan oleh suami Ratna yaitu Andjar Asmara.

Ratna Asmara (1913-1968) dikenal sebagai seorang perempuan sutradara pertama di Indonesia dan perempuan berbakat yang kerap membawa nuansa eksploratif ke setiap adegan karya ciptaannya. Ia juga cukup sering melibatkan alur cerita dengan visual yang indah serta narasi yang kaya.

Setiap karya Ratna Asmara tidak hanya mencerminkan kepiawaian dalam pengarahan, namun juga menyajikan warisan budaya yang kaya dalam sejarah perfilman Indonesia.

Baca juga: Gudskul Berikan Solidaritas Bagi Rakyat Palestina dengan Film

Film “Dr. Samsi” bercerita mengenai perjalanan emosional seorang dokter bernama Samsi. Dimana ia harus merawat anak hasil hubungan gelap dirinya dengan seorang perempuan bernama Sukaesih. Anak tersebut diberi nama Sugiat, tumbuh besar, kemudian bersekolah di luar negeri.

Sugiat lantas menjadi pengacara tanpa mengetahui kebenaran mengenai sosok ibu kandungnya. Saat Sugiat pulang ke Indonesia dari sekolah hukum di luar negeri, dia harus melakoni peran perdana sebagai pengacara. Dengan menangani kasus Sukaesih yang dituduh membunuh suaminya sendiri bernama Leo.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *