Film, News  

Gudskul Berikan Solidaritas Bagi Rakyat Palestina dengan Film

Milenianews,com, Jakarta – Studio kolektif dan ekosistem seni rupa kontemporer Gudskul memberikan bentuk solidaritas untuk rakyat Palestina dengan menggelar “Pekan Film Palestina” yang memutarkan film-film tentang Palestina.

Acara tersebut digelar Gudskul Ekosistem bekerja sama dengan OK Video, Subversive Film, dan Palestine Film Institute dengan menghadirkan kumpulan arsip film “Tokyo Reels”, seri “Unprovoked Narratives”, dan “R21 aka Restoring Solidarity”. Menurut keterangan pers pada Senin (4/12) di Jakarta.

Baca Juga: Aliansi Orda Pekalongan Salurkan Donasi Kemanusiaan Untuk Palestina Melalui BAZNAS

“Tokyo Reels” sendiri merupakan kumpulan arsip yang awalnya berbentuk format film 16 mm sebanyak 20 judul yang diproduksi antara tahun 1964-1983. Karya-karya ini dibuat oleh sejumlah sutradara dari Tanah Arab (termasuk Palestina), Jepang dan Amerika.

Selama lebih dari 30 tahun, arsip ini disimpan oleh pihak gerakan solidaritas terhadap Palestina di Jepang yang sudah menghilang.

Pada 2017, kolektif film berbasis di Ramallah, Palestina, Brussel, dan Belgia yang dijalankan oleh Mohanad Yaqubi dan Reem Shilleh, yaitu Subversive Film. Menerima beberapa “arsip hilang” ini dari pihak yang menjaganya dengan harapan untuk direstorasi, digitalisasi, dipresentasikan, dan dikaji lebih jauh.

Sementara “Unprovoked Narratives” merupakan beragam film dibuat oleh sejumlah sutradara antara tahun 1973-2019 yang berisi tentang keindahan Gaza, perjuangan, dan kelangsungan hidup manusia yang mendiami jalur tersebut. Film-film dalam “Unprovoked Narratives” adalah narasi tandingan terhadap gambaran negatif tentang Gaza.

Baca Juga: Askar Kauny Salurkan 1.000 Paket Makanan dan 2.000 Barang Kebutuhan Vital untuk Palestina

Sedangkan “R21 aka Restoring Solidarity” adalah film dokumenter yang bisa dilihat sebagai kesimpulan ataupun epilog dari “Tokyo Reels”.

Jadwal pemutaran film di pekan film Palestina

Film ini menggambarkan riwayat setumpuk arsip tentang situasi Palestina pada masa lalu yang dihadirkan kembali pada masa kini. Untuk merawat kepekaan dan empati terhadap bencana kemanusiaan yang telah dan sedang terjadi di Palestina.

“Pekan Film Palestina” terbuka untuk umum dan bersifat gratis berlangsung pada 1-8 Desember dengan waktu pemutaran film pukul 16:30 WIB dan 19:30 WIB setiap hari kecuali hari Minggu. Lokasi pemutaran film di Gudskul Ekosistem yang berada di jln. Durian Raya No.30A, RT.04/RW.04 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Tonton podcast Milenianews yang menghadirkan bintang tamu beragam dari Sobat Milenia dengan cerita yang menghibur, inspiratif serta gaul hanya di youtube Milenianews.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *