Indeks

6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Otak yang Harus Sobat Milenia Hindari

Kebiasaan Penyebab Penuaan Otak
Ilustrasi: Penuaan Otak

Milenianews.com – Mengenai kebiasaan penyebab penuaan otak, mungkin banyak kebiasaan yang sering kali tidak kita sadari bahwa hal tersebut dapat membuat otak kita cepat menua. Di samping itu, otak kita sendiri merupakan satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat mengatur gerakan, kognisi, kemampuan belajar, mengingat, emosi dan kesehatan kita.

Untuk itu, menjaga otak tetap fresh untuk kinerja yang selalu maksimal menjadi upaya yang sama pentingnya dengan memelihara organ tubuh lainnya. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan dan secara tanpa sadar membuat penuaan otak yaitu kurangnya bergerak. Oleh karena itu sebaiknya kita kurangi dan ganti dengan aktivitas yang menghasilkan keringat agar kesehatan otak kita dapat terjaga.

Berikut 6 kebiasaan penyebab penuaan otak yang harus Sobat Milenia hindari agar otak kamu bisa tetap sehat bersama dengan organ tubuh lainnya.

Baca Juga : 7 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Cuaca Tidak Menentu

Kebiasaan Penyebab Penuaan Otak

Kebiasaan Penyebab Penuaan Otak
Ilustrasi: Penuaan Otak

1. Merokok kebiasaan penyebab penuaan 0tak

Merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan otak. Sebuah analisis tahun 2010 oleh para peneliti University of California San Francisco mengemukakan bahwa merokok hampir menggandakan resiko terkena penyakit alzheimer atau demensia.

2. Tidur tidak teratur

Tidur nyatanya sangat penting untuk kesehatan otak. sebuah studi dari Duke-NUSE lulusan kedokteran Singapura menemukan bahwa “mereka yang tidur lebih sedikit menunjukkan bukti pembesaran ventrikel yang lebih cepat dan penurunan kinerja kognitif.

3. Terlalu banyak rebahan kebiasaan penyebab penuaan 0tak

Lebih memilih untuk menghabiskan waktu rebahan di sofa sepanjang hari bukanlah ide yang baik terutama menyangkut kesehatan tubuh. Menjalani kehidupan dengan tidak banyak bergerak membuat anda terkena penyakit kronis dan membuat otak lebih cepat menua.

4. Kurang makan sayur hijau

Sayuran berdaun hijau yang sehat seperti bayam, kangkung dan sawi memiliki dampak positif bagi kesehatan secara keseluruhan, terutama otak.

5. Banyak menghabiskan waktu di depan TV

Kebiasaan dengan menghabiskan waktu di depan TV dan tidak melakukan apa-apa akan menurunkan kesehatan dan kinerja pada otak. Lebih baik kita melakukan suatu aktivitas yang bermanfaat dan menimbulkan keringat seperti olahraga.

6. Banyak mengonsumsi makanan manis

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi Universitas Harvard, gula dapat menyebabkan otak mengalami atrofi atau penyusutan. Selain itu, menghambat aliran darah di otak yang menyebabkan kesulitan dalam berpikir.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itulah 6 kebiasaan penyebab penuaan otak yang harus sobat milenia hindari. Yuk kita mulai hidup sehat dengan mengganti kebiasaan-kebiasaan di atas dengan kebiasaan yang lebih baik. Mulai dari rajin berolah raga, tidur teratur hingga perbanyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Semoga bermanfaat!!

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Exit mobile version