News  

Baru Bangun Tidur Lihat HP? Bisa Merusak Mental

Aplikasi edit foto di ponsel dengan picsart Bangun tidur lihat hp

Milenianews.com – Di era sekarang, banyak sekali kepentingan yang hampir semuanya disalurkan melalui ponsel cerdas atau HP (handphone/smartphone). Oleh karena itu, tidak jarang kita menemui orang yang sulit untuk melepas benda pinter itu dan menjadikan kita ketergantungan.

Tak jarang juga, orang membuka hpnya ketika baru bangun tidur untuk melihat update dari media sosial atau sekadar mencari hiburan. Akan tetapi, hal tersebut merupakan suatu kebiasaan yang buruk.

Baca juga : Sekolah di NTT Mulai Belajar Jam 5 Pagi, Ini Hasil Penelitiannya

Bangun tidur langsung lihat hp, apa dampaknya?

Menurut hasil penelitian, kebiasaan tersebut memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mental dan fisik. Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Psychiantry, tahun 2021 menunjukkan bahwa, melihat layar ponsel saat baru bangun tidur dapat menyebabkan gejala depresi yang lebih tinggi dan berpotensi menyebabkan masalah tidur.

Studi tersebut melibatkan lebih dari 2.600 orang dewasa di Tiongkok. Peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang kebiasaan menggunakan ponsel, termasuk kebiasaan menggunakan ponsel di pagi hari setelah bangun tidur.

Tidak hanya itu, Paparan sinar ultraviolet dari ponsel juga dapat mengganggu produksi melation, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangunnya tubuh. Inilah yang membuat kita sering merasa sulit tidur pada malam hari dan merasa ngantuk pada siang hari.

Baca juga : Ponsel Oppo Find N2 Flip Siap Masuk Indonesia

Sinar tersebut juga dapat merusak kesehatan mata yang dapat menyebabkan mata menjadi kering, peningkatan risiko degenerasi makula, memperburuk kondisi katarak serta degenerasi retina.

Terlebih lagi, melihat ponsel di pagi hari juga dapat membuat kita merasa stres dan cemas. Terutama, jika kita membaca pesan yang membawa berita yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengurangi kebiasaan melihat ponsel di pagi hari setelah bangun tidur.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Exit mobile version