5 Manfaat Daun Ketumbar, Bisa Kontrol Gula Darah hingga Turunkan Kolesterol

Manfaat Daun Ketumbar
Foto: Daun Ketumbar

Milenianews.com – Manfaat daun ketumbar yang jarang orang tahu, ternyata sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Pasalnya dari beberapa sumber yang telah Mile rangkum, daun ketumbar bisa membantu mengontrol gula darah kita lho. Tidak hanya itu, daun ketumbar pun bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita.

Secara umum ketumbar terkenal sebagai salah satu bahan yang biasa kita gunakan sebagai bumbu masakan. Mulai dari sup, kari, olahan daging, hingga masakan lainnya, terutama masakan dari India, Timur Tengah dan Asia.

Selain untuk bumbu olahan masakan, ternyata ketumbar memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan bagi tubuh kita. Apa saja manfaatnya, yuk simak artikel manfaat daun ketumbar yang telah Mile rangkum dari beberapa sumber di bawah ini.

Baca Juga : 6 Manfaat Buah Tomat, Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

Manfaat daun ketumbar

1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat Daun Ketumbar

Di dalam kandungan daun ketumbar terdapat Vitamin A,C,E dan karotenoid dengan jumlah yang sangat baik.  Kandungan-kandungan tersebut tentunya bisa membantu meningkatkan kesehatan penglihatan.

Hasil studi menunjukkan bahwa, mengonsumsi ketumbar setiap hari dapat mencegah iritasi mata. Selain itu juga dapat menunda regenerasi makula yang mengakibatkan menurunnya penglihatan bagian pusat pandang.

2. Manfaat daun ketumbar dalam mendukung imunitas

Nutrisi yang terdapat daun ketumbar bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian secara bertahap. Pasalnya, Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat sel darah putih bekerja secara efektif dan membantu dalam penyerapan zat besi.

3. Membantu mengontrol gula darah

Daun ketumbar yang kita lihat berwarna hijau cerah itu diakibatkan oleh adanya kandungan antioksidan. Kandungan tersebut juga bisa membantu meningkatkan aktivitas enzim di dalam tubuh kita.

Hal itu dapat merangsang sekresi insulin yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Kamu yang memiliki kadar gula darah tinggi, bisa menambahkan ketumbar ke dalam makanan atau minuman setiap harinya untuk pengobatan.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat Daun Ketumbar
Foto: Kadar Kolesterol

Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol yang tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi, hal itu bisa menyebabkan serangan jantung atau bahkan bisa menyebabkan stroke.

Nah, dengan kita rajin mengonsumsi daun ketumbar secara teratur, dapat membantu mengurangi LDL-Low Density Lipoprotein (kolesterol jahat) dan bisa meningkatkan High Density Lipoprotein (kolesterol baik) bagi penderita kolesterol.

5. Dapat melindugi kesehatan otak

Sifat anti-inflamasi ketumbar dapat melindungi dari penyakit otak seperti Parkinson, Alzheimer, dan Multiple sclerosis. Percobaan pada tikus dilakukan oleh penelitian yang mengungkapkan bahwa daun ketumbar dapat meningkatkan daya ingat.

Di samping itu, hasil penelitian lain membuktikan bahwa ekstrak ketumbar yang bersifat antioksidan ini dapat melindungi kerusakan sel saraf setelah kejang akibat mengonsumsi obat yang berlebih.

Selain itu, ketumbar juga bisa mengatasi kecemasan. Karena, ekstrak yang terkandung pada tumbuhan ini hampir sama dengan Diazepam, yakni obat yang dapat berfungsi mengurangi gejala kecemasan.

Baca Juga : 5 Cemilan Sehat Buat Nemenin Kamu Belajar Ataupun Ngantor

Nah, itulah kelima manfaat daun ketumbar bagi kesehatan tubuh kita. Yuk kita belajar untuk hidup sehat dan merawat tubuh kita salah satunya dengan rutin mengonsumsi makanan yang sehat. Semoga bermanfaat!!

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *