News  

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Psikis Orang Beriman

Suasana buka puasa bersama Tim Akademik, Tim Operasional-HRD,  serta Principal TK, SD, SMP dan SMA Bosowa Bina Insani, sekaligus silaturahim bersama Direktur Bosowa School   di Bogor, Ahad (9/4/2023). (Foto: Dok SBBI)

Milenianews.com, Bogor- Ibadah puasa bukan sekadar kewajiban bagi orang-orang beriman. Ibadah  yang dilakukan oleh kaum Muslimin mmpunyai banyak hikmah dan manfaat.  Salah satunya manfaat psikis.

“Paling tidak ada lima manfaat puasa untuk psikis orang beriman,” kata Head of Division Pendidikan Agama Islam (PAI) Bosowa School, Ustadz Asep Sumarsana S.Ag saat mengisi buka puasa bersama Tim Akademik, Tim Operasional-HRD,  serta Principal TK, SD, SMP dan SMA Bosowa Bina Insani  sekaligus silaturahim bersama Direktur Bosowa School  di Bogor, Ahad (9/4/2023).

Pertama, kata Ustadz Asep, tidak tergesa- gesa dalam bertindak. Hal itu seperti diganbarkan dalam Quran Surat Al-Isro ayat 11.

Kedua, tuntunan hidup sederhana, seperti ditegaskan dalam Quran  Surat al Furqon  ayat 63.

Ketiga, meningkatkan kesabaran. Seperti dinyatakan oleh Allah dalam Qurat Surat Luqman ayat 17.

Juga dinyataikan dalam sabda Nabi Muhammad SAW, “Sebaik-baik  iman adalah sabar dan memaafkan kesalahan orang lain.”

Keempat, mau berbagi/bersedekah. “Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim disebutkan ada dua malaikat berdoa: ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang memberi naskah/infak dan sedekah.’ Sedangkan malaikat satu lagi berdoa, ‘Ya Allah, berikan kehancuran  bagi orang yang pelit’,” ujar Asep.

Kelima, orang yang berpuasa, doanya tidak akan tertolak.

Acara buka puasa bersama itu dihadiri oleh Direktur Bosowa School Asrul Hidayat, PIC (Penanggung Jawab) Bosowa School Eko Arianto, para principal, para head of division, seta tim akademik an tim operasional-HRD Bosowa Bina Insani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *