Sambut Ramadhan, Sekolah Quran Asy Syahid Adakan Cucurak Bersama Masyarakat

Sekolah Quran Asy Syahid, Ciangsana, Gunung Putri, Bogor mengadakan Cucurak untuk menyambut bulan Ramadhan 1444 H, Rabu (15/3/2023) petang. (Foto-foto: Dok Sekolah Quran As Syahid

Milenianews.com, Bogor- Sekolah Quran Asy Syahid yang berlokasi di Ciangsana, Gunung Putri, Bogor  mengadakan kegiatan Tarhib, menyambut bulan Ramadhan 1444 H. Caranya  dengan mengangkat tradisi Bogor, Cucurak, yang digelar bersama masyarakat, Rabu (15/3/2023) petang.

Sore hari yang cerah, secara bergelombang tamu berdatangan di Sekolah Quran Asy Syahid. Ratusan orang yang hadir pada acara tersebut  terdiri dari para ulama, ustadz- ustadzah, tokoh masyarakat, aparat pemerintah, warga desa Ciangsana beserta pimpinan,  guru dan siswa Sekolah Quran Asy Syahid. Mereka duduk rapi di pelataran Masjid Asy Syahid.

Di Indonesia, banyak anggota masyarakat memiliki acara yang sangat menarik sebagai tradisi menjelang Ramadhan. Di  antaranya adalah Cucurak, salah satu kegiatan yang menunjukkan kegembiraan, persaudaraan dan kebersamaan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang dilakukan masyarakat Bogor.

Pembina Yayasan Perkasa Mandiri Cemerlang, Dr. H. Candra Dermawan, M. Eng menyampaikan rasa syukurnya dan terima  kasih atas kehadiran tamu undangan, para tokoh, perangkat desa dan masyarakat yang antusias menghadiri acara Cucurak ini.

Dr. Hj. Rini Pura Kirana, ketua Yayasan  Pembina Yayasan Perkasa Mandiri Cemerlang menyampaikan bahwa Masjid Asy Syahid yang berada di lingkungan Sekolah Quran Asy Syahid terbuka untuk kegiatan masyarakat sekitar. Baik sebagai sarana ibadah, kegiatan pengajian ataupun kegiatan sosial.

“Setelah pandemi berakhir, pada bulan Ramadhan nanti Masjid Asy Syahid akan mengadakan serangkaian program yang juga diperuntukkan bagi warga yaitu mulai kegiatan shalat Taraweh, tadarus bagi ibu-ibu, bakti sosial, santunan yatim, I’tikaf di akhir Ramadhan dan masih banyak lainnya,”  ujar Ummi Kirana, demikian panggilan akrab  Rini Pura Kirana  selaku direktur Sekolah  yang juga merupakan Bacaleg DPR RI dari Dapil Kabupaten Bogor.

Kepala Desa Ciangsana, Udin Syaputra, SE yang diwakili kehadirannya oleh Sekretaris Desa H. Ma’mun Nawawi sangat mengapresiasi kegiatan kebersamaan dengan masyarakat yang dilakukan oleh sekolah Quran As Syahid.“Keberadaan Sekolah Quran Asy Syahid di Desa Ciangsana terasa memberi manfaat, khususnya bagi warga pabuaran, Ciangsana. Dan kami sangat mengapresiasi hal ini,” tambahnya.

Persiapkan Diri Sambut Bulan Istimewa

Pada penyampaian taushiyah, Ketua MUI Desa Ciangsana, Ustadz Surya Al Baghir menyampaikan pentingnya mempersiapkan diri menyambut bulan istimewa, Ramadhan. Di  mana Allah SWT pada bulan Ramadhan menurunkan Al-Quran dan mewajibkan umat Islam untuk berpuasa. “Saling memaafkan dan menjaga silaturrahim termasuk dalam keluarga adalah salah satu persiapan sebelum bertemu Ramadhan. Kita harus berupaya maksimal beribadah, karena tidak ada jaminan kita bertemu Ramadhan berikutnya”, tegasnya.

Acara dititup dengan Cucucrak, makan bersama di halaman masjid. Suasana akrab, persaudaraan dan kebersamaan sangat terasa pada acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *