Pertama Kalinya, Indonesia Ekspor Mobil Listrik

Milenianews.com, Jakarta – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) eskpor mobil listrik berjenis Innova Zenix berbasis kendaraan listik hybrid. Eskpor yang dilakukan PT Toyota Motor menjadi ekspor mobil buatan dalam negeri pertama dalam sejarah.

Kijang Innova Zenix akan di ekspor hingga 8.800 unit pada tahun 2023 ini, dengan komposisi 30 persen hybrid dan sisanya konvensional.

“Ini yang pertama kali untuk hybrid di Indonesia,” ujar Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengutip dari CNBC Indonesia dalam acara kijang Innova Zenix Export Ceremony di pabrik 3 TMMIN di Karawang, Selasa (21/2).

Baca juga : ITS Ciptakan Mobil Listrik MEVITS, Bisa Tempuh Jarak 200 Km

Direktur operasional Bob Azam menyebutkan ekspor mobil listrik ini memang merupakan yang pertama di Indonesia dan belum dilakukan oleh merek mobil lain. Untuk awal, mobil yang dibanderol dengan harga Rp 522,2 juta ini akan di ekspor ke Timur Tengah dan Amerika Selatan.

“Ini sudah pecah telur akhirnya, ini yang pertama di Indonesia,” imbuh Bob.

Bob juga mengatakan bahwa ekspor ini untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi agar produsen mobil memperluas pasar globalnya. Jokowi sempat mengakui produksi kendaraan bermotor terdapat akses kemacetan, sehingga perlu untuk adanya peningkatan ekspor.

“Kemarin kan pak Jokowi meminta agar ekspor, hari ini kita tindak lanjuti,” kata Bob.

Mobil Innova Zenix Hybrid yang akan di ekspor ini memiliki kandungan spare part lokal mencapai 70 persen dan akan terus ditingkatkan dari tahun ke tahun dengan target mencapai 17 ribu unit di tahun 2025 mendatang.

Spesifikasi mobil

Mobil Innova Zenix Hybrid ini terdiri dari beberapa varian, mulai dari yang konvensional hingga mobil listrik. Varian tertingginya hadir dengan mesin Petrol 1987 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 150 hp dan torsi puncak 187 Nm.

Karena mobil ini bersifat hybrid, bahan bakar mobil ini masih menggunakan bensin. Akan tetapi lebih hemat karena di bantu oleh Secondary Engine Fuel Type Electric. Sistem suplai bahan bakarnya pun menggunakan Direct injection.

Pada varian terendah dengan harga Rp458 juta, mobil ini memiliki kapasitas 7 kursi dengan panjang mobil 4755 mm dan lebar 1850 mm.

Baca juga : Sony Perlihatkan Purwarupa Mobil Listrik di CES 2022

Tidak hanya badan mobil tersebut yang besar, kapasitas tangki bensin juga tergolong cukup besar dengan kapasitas maksimal 52 Liter. Untuk spesifikasi lebih lengkapnya, bisa dilihat pada website resmi Toyota.

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *