Bagaimana Cara Mengatur Pesanan Agar Mendapat Keuntungan Lebih Baik?

bagaimana cara mengatur pesanan agar mendapat keuntungan lebih baik

Pak Wahyu, saya sudah mulai berjualan saat ini, saya hobi mengolah kuliner, saya punya produk kue kering, punya juga produk roti dan bolu serta juga saya punya produk minuman seperti smoothies, es buah dan lain-lain. Saya memasarkan produk saya melalui WA, Instagram dan Facebook, saya kewalahan, karena pesanan selalu datang. Tapi karena bermacam-macam produknya dan waktunya juga tidak bersamaan, saya kerepotan melayaninya. Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan agar keuntungan dan pengaturan saya lebih baik.

Diasuh oleh : Dr. Ir. H. Wahyu Indra Sakti Saidi, Msc

Ngobrol Bisnis – Mbak Astri, anda beruntung sudah punya produk bermacam-macam, sudah berjualan dan sudah ada pembelinya.

Tapi saya lihat memang produk Mbak Astri terlalu banyak, fokuslah dulu ke satu atau dua produk. Kalau mau berjualan kue kering, satu atau dua jenis dan hanya kue kering saja.

Baca juga : Apa Itu Personal Branding?

Kalau mau berjualan bolu atau brownies, satu atau dua jenis juga, jangan dicampur dengan kue kering dan juga minuman. Untuk minuman, sebaiknya dihindari dulu, karena ini penjualan online, deliverynya lebih repot.

Fokuslah di satu atau dua produk pastry atau bolu, jangan dicampur. Nah, kalau sudah memilih produknya, maka rajinlah untuk memposting produk tersebut, dengan berbagai foto, keterangan, bahkan dengan cerita-cerita yang mungkin termasuk sejarah, keluasannya, cerita-cerita, melalui media sosial.

Setelah upaya promosi itu berjalan beberapa kali, mulailah untuk membuka Purchase Order (PO). Umumkan bahwa hari Sabtu akan ada pengiriman, maka yang mau pesan silakan buka PO. Promosi tentang PO ini juga bisa dilakukan 4/5 hari terus menerus sampai sehari sebelum produksi.

Dengan cara ini, maka konsumen dari Mbak Astri akan terfokus dengan satu atau dua produk saja. Mbak Astri memproduksinya juga bisa fokus dan tidak telalu banyak, tidak melelahkan, dan packingnya juga di waktu yang sama.

Kemudian pengirimannya itu di hari tertentu, jadi bisa fokus dan mengatur waktu dengan baik. Lalu, kalau ini sudah mulai terjadi, mulai laku, maka besok lakukan hal yang sama untuk memperluasnya. Jika biasanya Purchase Ordernya satu hari, satu kali seminggu, bisa ditingkatkan jadi 2 kali dalam seminggu.

Baca juga : Baru Jadi Sarjana, Ingin Berbisnis Gak Mau Kerja, Tapi Keluarga dan Calon Tidak Mendukung, Saya Harus Gimana?

Promosi dan pemasaran di media sosial juga perlu diperluas. Jika selama ini hanya pakai WA (WhatsApp), maka instagram dan facebook perlu dimanfaatkan secara optimal.

Kalau ini dilakukan secara fokus, tekun dan konsisten secara terus menerus maka produk dari Mbak Astri akan mulai laku dan menghasilkan, sukses untuk Mbak Astri dari Wahyu Saidi.

 

Pertanyaan dari Astri Novia : Apa yang harus saya lakukan agar keuntungan dan pengaturan delivery saya lebih baik dengan produk saya yang bermacam-macam?

Sobat Milenia yang punya pertanyaan terkait bisnis, bisa konsultasikan dengan cara bertanya melalui kolom komentar atau bisa dm melalui instagram kami di @milenianews.

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *