Yuk! Kenali Ciri-Ciri Hustle Culture, Jangan di Sepelekan!

ciri-ciri hustle culture

Milenianews.com – Transformasi dunia digital yang begitu pesat menuntut pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Setiap individu berlomba mengejar kesuksesan, saling berlomba walau tak jarang diwarnai dengan luka dan pengorbanan.

Nyatanya dalam lingkungan pekerjaan, karyawan memang harus bertanggung jawab dan berdedikasi. Namun, bukan berarti kita harus mengorbankan atau melupakan tanggung jawab di kehidupan sosial juga pribadi. Karena ini termasuk kebiasaan yang sering disebut hustle culture.

Baca juga : Mengenal Hustle Culture, Budaya Gila Kerja Anak Muda

Hustle Culture adalah budaya yang mendorong seseorang untuk bekerja terus menerus tanpa henti dan hanya istirahat dalam waktu singkat. Kata lainnya adalah workholic atau gila kerja. Hal ini dilakukan karena jika melakukannya, akan membuatnya sukses dengan cepat. 

Budaya ini sudah ada sejak Tahun 1970an yang di mana saat itu perkembangan industri semakin maju dan para wartawan di tuntut untuk bekerja lebih cepat tanda adanya batasan waktu.

Penganut hustle culture yang dinamakan hustlers itu percaya bahwa apa yang ia lakukan tak pernah cukup untuk mencapai kesuksesan. Mereka akan merasa bersalah ketika mengisi waktunya dengan refreshing atau istirahat. 

Terdengar keren namun mengkhawatirkan. Karena hustlers selalu termotivasi untuk mencapai kesuksesan di usia muda, mati-matian kerja hingga larut malam, mengambil jobside dan melupakan istirahat.

Dampak dari Hustle Culture 

  1. Kehilangan Work Life Balance atau keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi.
  2. Burnout Syndrome atau kondisi stres kronis akibat pekerjaan.
  3. Kurang bersyukur, dan 
  4. Menyusahkan rekan kerja.

Pada dasarnya, bekerja keras merupakan hal positif, akan tetapi ketika seseorang terlalu mementingkan pekerjaannya sampai tak pernah beristirahat, saat itulah timbul masalah.

Oleh karena itu, terapkan gaya kerja yang sehat dan seimbang demi kehidupan yang bahagia. Dan bekerjalah untuk hidup, bukan hidup untuk bekerja.(Reporter1/SLM)

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Space Iklan Milenianews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *