Pernah Cacar Waktu Kecil? Bisa Kena Ramsay Hunt Syndrome Tiba-tiba

Ramsay Hunt Syndrome

Milenianews.com – Baru-baru ini, datang kabar tak sedap dari bintang pop dunia, Justin Bieber. Ia memberitakan sendiri melalui akun instagramnya, terkena Ramsay Hunt Syndrome.

Penyakit tersebut, terjadi karena virus yang menyerang cacar air dan herpes zoster, yakni virus varicella-zoster.

Baca Juga : Apa Itu Denial Syndrome? Berikut Penjelasan dan Tandanya

Bieber mengatakan, separuh dari wajahnya tak bisa bergerak alias lumpuh. Saat berkedip, ia hanya bisa mengedipkan satu matanya. Pun saat tersenyum, hanya ada di satu sisi. Lubang hidung juga tak bergerak.

Apa itu Ramsay Hunt Syndrome?

Foto : Justin Bieber terkena Ramsay Hunt Syndrome

Ramsay Hunt Syndrome merupakan gangguan neurologis langka yang terjadi, saat varicella-zoster menginfeksi saraf di kepala dekat telinga bagian dalam.

Jika kamu mengalami cacar air waktu kecil, atau herpes zoster saat dewasa, virusnya itu tidak mati. Melainkan bisa tertidur dalam tubuh. Jadi kapan-kapan virus tersebut bisa aktif kembali dan tanpa pemberitahuan.

Orang yang terkena virus ini, gejalanya berupa ruam dalam saluran telinga dan luar telinga. Bahkan terkadang, bisa menyerang lidah dan langit-langit mulut.

Mengutip dari CNN, virus yang menyerang telinga bagian dalam, membuat orang tersebut bisa menderita vertigo atau telinga berdengung (tinnitus).

Baca Juga : Kamu yang Terlalu Peduli, Ini 5 Tanda Superhero Syndrome

Selain itu, sindrom ini bisa membuat penderita mengalami gangguan pendengaran pada sisi wajah yang terkena.

Bieber juga mengalami hal yang sama, sebelah wajahnya mengalami kelumpuhan. Perawatan untuk sindrom ini, bisa dengan konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter.(Rifqi Firdaus)

 

Jangan sampai ketinggalan info terkini bagi generasi milenial, segera subscribe channel telegram milenianews di t.me/milenianewscom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *