Ketahui 5 Peran dan Tugas Humas di Perusahaan

Milenianews.com – Posisi pekerjaan Hubungan Masyarakat atau yang kita kenal sebagai Humas (Public Relation) merupakan suatu bagian, divisi atau organisasi yang mengumpulkan, mengelola dan menyebarkan informasi atau memberikan komunikasi yang baik kepada publik. Selain itu, Humas juga dapat memiliki tugas untuk mengolah informasi dan bisa meningkatkan kepercayaan informasi terhadap sebuah perusahaan.

Peran dan tugas Humas sangat penting bagi suatu perusahaan, sebab Humas memiliki peran dalam menciptakan nama baik perusahaan. Tak hanya itu, peran dan tugas humas juga sebagai penghubung antara perusahaan dengan publik ataupun para investor.

ADOP

Seorang Humas harus mampu menciptakan poin positif, sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan di mata publik. Divisi Humas selalu berhubungan erat dengan dunia luar, sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan.

Humas memilki tugas untuk memberikan edukasi kepada semua orang untuk memperkenalkan kelebihan dan keunggulan dari suatu organisasi. Sehingga akan menarik minat banyak orang pada perusahaan tersebut.

Baca Juga : JPRW 2021 : Hadirkan Satu Pekan Penuh Insight bagi Humas Muda

Suksesnya sebuah perusahaan, terlihat dari tugas Humas dalam mempertahankan reputasi serta nama baik dari perusahaan kepada masyarakat. Tentunya, peran humas sangat krusial. Dalam hal ini, humas harus memberikan informasi berdasarkan fakta dan keakuratan tentang segala informasi dalam sebuah perusahaan. Informasi yang mereka sampaikanpun, harus benar dan tetap menjunjung tinggi etika, maka informasi itu akan bisa diterima dengan mudah oleh publik.

Peran humas sangat penting, dalam menjaga hubungan antara organisasi dengan pemangku kepentingan dan masyarakat.

Berikut 5 Tugas dan Peran Humas di Perusahaan

1. Membuat strategi komunikasi publik

Humas memiliki tugas penting dalam menyampaikan informasi mengenai perusahaan kepada stakeholder yang terkait dan kepada publik. Setiap bagian humas, akan dilengkapi dengan contact center yang memungkinkan untuk menerima keluhan dan merupakan tempat dimana masyarakat atau publik dapat memperoleh informasi lengkap mengenai perusahaan.

2. Mengelola keadaan darurat

Saat mengalami kondisi yang kurang meng-enakan terjadi, terkadang dapat merusak nama baik sebuah perusahaan. Maka, disinilah dibutuhkan peran penting humas. Kondisi yang seperti itu, tentu sangat tidak diharapkan. Namun, bisa terjadi kapan saja.

Hal ini juga bisa terjadi karena adanya isu-isu negatif yang merajalela di dalam perusahaan, sehingga dapat meluas ke masyarakat. Jika dibiarkan, hal ini akan merusak citra perusahaan di mata publik. Oleh karenanya, bagian peran humas dalam organisasi, salah satunya adalah meredam dan mengatasi kondisi darurat agar tidak semakin berkembang.

3. Sarana marketing yang Andal

Humas juga menjadi bagian terpenting dalam strategi marketing sebuah organisasi. Terutama bagi organisasi yang bergerak di bidang produksi produk. Humas bisa menjadi motor penggerak dalam meningkatkan penjualan produk. Selain itu,citra positif organisasi/perusahaan di mata masyarakat akan meningkat. Dimana akan ada banyak orang yang mungkin ingin membeli sebuah produk yang dijual.

4. Sarana penghubung media

Bagian humas atau public relation haruslah memiliki hubungan yang baik dengan rekan media. Humas dan media akan selalu bersinggungan. Apalagi jika ada perkembangan terbaru mengenai jalannya organisasi, sudah tentu para rekan media akan terlibat.

Untuk itu, humas memegang peranan dalam mengelola hubungan dengan para media. Humas harus bekerja sama dengan media untuk bisa menyiarkan perkembangan organisasi seluas luasnya.

5. Menjangkau kegiatan

Humas profesional terkadang melibatkan diri dalam sebuah kegiatan dengan membawa brand perusahaan. Hal semacam ini, tentu akan semakin memberikan pengaruh positif pada citra perusahaan. Banyak organisasi yang menjadi sponsor, yang juga merupakan bagian dari kegiatan organisasi agar lebih dikenal masyarakat luas. Sehingga organisasi bisa berkembang.

Dari kelima peran Humas di atas, jika kamu ingin menjadi bagian dari profesi tersebut, perlu mengasah skill sejak masih di bangku kuliah. Banyak kampus yang membuka program studi public relation, seperti salah satu kampus swasta besar di Jakarta, Universitas BSI (Bina sarana Informatika).

Kampus dengan tagline “Kuliah..?? BSI Aja!!” ini, membuka jurusan Public Relation bagi yang memiliki cita-cita sebagai seorang Humas..

Prospek kerja dari Public Relation sendiri, tidak hanya sebagai seorang Humas yang dapat menciptakan nama baik perusahaan. Melainkan, banyak prospek yang didapatkan dari jurusan ini yaitu menjadi juru bicara, penyelenggara acara, presenter dan copy writer.

Bagi kamu yang bercita-cita sebagai Humas, sobat dapat mendaftar kuliah di Universitas BSI dengan mengunjungi laman https://bsi.pmbonline.id/ atau melalui aplikasi PMB UBSI. Sementara itu, pembayaran kuliah di Universitas BSI juga bisa dengan cicilan, melalui platform Danacita. Eka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here