Google akan Hentikan YouTube Go

Milenianews.com – YouTube mengumumkan bahwa mereka akan segera menghentikan aplikasi Youtube Go pada bulan Agustus mendatang. Alasannya, pihak YouTube menganggap aplikasi tersebut sudah tidak berguna lagi.

YouTube Go memang Google desain sebagai aplikasi streaming video untuk smartphone dengan spesifikasi rendah. Youtube Go yang rilis enam tahun lalu dengan unduhan mencapai 500.

ADOP

Aplikasi ini awalnya perusahaan buat sebagai versi sederhana dari aplikasi Youtube. Selain untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, YouTube Go juga khusus untuk tempat-tempat yang mempunyai konektivitas dan infrastruktur internet yang buruk atau mahal.

Baca Juga : YouTube iOS dan Android Hadir dengan Tampilan Baru

Melalui aplikasi YouTube Go, pengguna dapat mengunduh video yang ingin mereka tonton. Pengguna juga bisa mengubah penggunaan kuota internet untuk mengontrol kualitas video. Aplikasi ini menyasar negara yang mempunyai akses internet kurang mapan seperti India.

Tetapi karena kemajuan dalam kinerja ponsel dan teknologi yang terus berkembang, saat ini pihak YouTube merasa bahwa aplikasi ini sudah tidak works lagi. Melansir dari laman Techradar (11/5), sebagai gantinya, Tim YouTube merekomendasikan pengguna untuk mengunjungi situs web melalui browser web seluler.

Dengan menggunakan web browser seluler bisa menggantikan fungsi untuk mengatasi konektivitas yang buruk. Selain itu, pengguna juga bisa menginstal aplikasi utama YouTube untuk menikmati video dengan kualitas yang lebih baik.

Baca Juga : Pembuat Konten Youtube Shorts, Bisa Dapat Bayaran Hingga Rp 143 Juta

Keputusan untuk menghentikan aplikasi irit kuota YouTube ini menjadi efek pertama dari efek domino. Utamanya dari berbagai perangkat keras dan aplikasi yang menggunakan Go, seperti Android Go, Gmail Go, Gmaps Go, dan yang lainnya. 

Berdasarkan hal tersebut, hingga saat ini pihak Google masih belum mengomentari status aplikasi Go lainnya. Namun masa depan berbagai aplikasi di bawah payung Go saat ini sedikit kurang pasti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here