Jurusan Kuliah Anti Matematika

Milenianews.com – Salah satu bahan yang menjadi pertimbangan bagi calon mahasiswa baru (maba) sebelum mengambil jurusan adalah passion. Tidak jarang, banyak juga calon mahasiswa ingin menghindari materi hitung-hitungan atau berbau matematika di jurusan yang akan mereka pilih. Sehingga berencana untuk mencari jurusan kuliah anti matematika.

Untuk sobat milenia yang mungkin kurang suka dengan pelajaran ini juga pasti mencari jurusan kuliah anti matematika. Mungkin karena pengalaman berkutat dengan mata pelajaran matematika sejak bangku sekolah, kadang identik dengan rumus-rumus dan hitungan yang cukup rumit. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah jurusan anti matematika itu ada?

ADOP

Jawabannya tentu saja ada, ada berbagai jurusan kuliah yang tidak ada pelajaran matematika. Meski begitu, jurusan-jurusan ini terkadang juga punya sedikit materi hitungan dalam mata kuliah teori dan penelitian.

Baca Juga : Kuliah di Jurusan Data Science, Berikut Prospek Karir Lulusannya

Berikut Jurusan Kuliah Anti Matematika

1. Periklanan / Advertising (D3)

Mahasiswa jurusan periklanan, umumnya tidak mempelajari matematika sepanjang perkuliahan. Mahasiswa periklanan akan mempelajari mata kuliah Pengantar ilmu komunikasi, Kewarganegaraan dan Agama, Dasar-Dasar Periklanan, Copywriting, Perencanaan Media Periklanan.

Jurusan Periklanan merupakan Ilmu yang mempelajari tentang cara menerapkan strategi kreatif periklanan. Baik melalui ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, maupun sketsa dan topografi periklanan.

2. Sastra dan Bahasa Inggris

Jurusan anti matematika selanjutnya yang bisa sobat milenia pilih adalah sastra dan bahasa inggris. Dengan mengambil jurusan ini, tentunya kamu harus siap dengan struktur, pola dan kalimat dalam bahasa inggris.

Mahasiswa jurusan sastra dan bahasa umumnya belajar bahasa, sejarah bahasa, masyarakat dan sejarah negara tempat bahasa tersebut berkembang, hingga terjemahan.

3. Ilmu Komunikasi

Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi? Secara sederhana, jurusan Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media.

Ketika masih menjadi mahasiwa baru (maba) atau kuliah tahun pertama, maka yang akan kamu pelajari tidak mengandung unsur matematika. Misalnya mata kuliah umum Pengantar Ilmu Komunikasi, Multimedia, Creative and Critical Thinking, Fotografi, dan beberapa mata kuliah lainnya.

Setelah memasuki kuliah semester 3 hingga seterusanya, barulah bisa memilih konsentrasi atau peminatan sesuai dengan keinginan. Setiap universitas pasti akan menerapkan pilihan serta kebijakannya masing-masing terkait dengan peminatan atau konsentrasinya.

Seperti beberapa contoh, konsentrasi mata kuliah yang dapat sobat milenia ambil, yaitu Dasar-Dasar Humas, Online Journalism, Penulisan Naskah Public Relations, Creative Video Digital atau Event Management dan banyak lagi.

4. Hubungan Masyarakat / Public Relations (D3)

Jurusan Hubungan Masyarakat atau yang populer dengan sebutan Public Relation merupakan salah satu jurusan anti matematika. jurusan PR merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana cara membentuk dan mengelola reputasi dan citra positif suatu organisasi.

Sementara itu, sobat yang masuk jurusan ini akan mendapatkan banyak kemampuan soft skill. Selama perkuliahan sobat akan belajar juga tentang negosiasi, presentasi, digitalisasi, berpikir kreatif dan lain sebagainya.

Jurusan Hubungan Masyarakat menghasilkan ahli madya komunikasi yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang Hubungan Masyarakat.

Tentunya dengan berbagai kemampuan, lulusannya akan siap bekerja dan mengembangkan diri di bidang Hubungan Masyarakat serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi komunikasi.

Baca Juga : 6 Tanda Kalian Sudah Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Nah, untuk sobat milenia yang tertarik dengan jurusan anti matematika tersebut, bisa sobat dapatkan di beberapa kampus negeri maupun swasta. Salah satunya, bisa sobat milenia temui di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) di Fakutas Komunikasi dan Bahasa.

Kampus ini, sudah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk periode kuliah bulan Maret 2022 dan periode September 2022. Untuk mendaftar, sobat bisa memilih berbagai opsi pendaftaran. Bisa melalui aplikasi mobile PMB-UBSI di playstore atau melalui laman https://bsi.pmbonline.id/.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here