ide kreatif muncul di kamar mandi

Milenianews.com – Bagi sebagian orang, kamar mandi menjadi salah satu tempat yang cukup membantu. Meski tak biasa, kamar mandi menjadi tempat untuk menetaskan berbagai ide-ide kreatif.

Tidak sedikit, ide-ide yang terlahir ketika berdiam diri di kamar mandi dari yang unik, sampai ide yang spektakuler. Mulai dari ide usaha hingga ide-ide kreatif lainnya.

ADOP

Baca Juga : Gali Ide Kreatifmu Bersama NSC

Faktanya, hal ini memiliki penjelasan ilmiahnya sendiri, lho. Seorang ilmuwan kognitif, Scott Barry Kaufman dalam risetnya menyatakan bahwa, 72% orang yang ia teliti, mendapatkan ide kreatif di tempat-tempat khusus. Inspirasi kreatif tersebut, bahkan sering bermunculan di kamar mandi kantor

Scott menilai, aktivitas mandi, membuat ide mengalir lebih mudah dan lebih banyak mendapatkan pemecahan masalah hingga menjadi ide kreatif.

Terhimpun dari berbagai sumber, ada beberapa faktor yang membuat Sobat Milenia cenderung memunculkan ide-ide unik, saat sedang di kamar mandi.

Mandi Menjadikan Tubuh Rileks

Saat tubuh rileks, otak tak berisi dengan hal-hal yang serius maupun kritis, sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

Saat di kamar mandi, biasanya Sobat membiarkan pikirkan berkeliaran secara liar serta melamun. Hal tersebutlah yang memicu datangnya ide-ide baru berdatangan.

Selain itu, mandi juga dapat mengurangi stres dan kecemasan dalam pikiran. Sehingga akan membantu menetaskan dan mengembangkan ide.

Kerja otak menjadi lebih tenang

Saat Sobat mengerjakan suatu hal dengan serius, otak Sobat hanya fokus mengerjakan hal tersebut. Hal ini cenderung memberikan hasil kerja dan solusi yang biasa saja.

Namun, jika Sobat lebih rileks dan tenang, ide yang hadir pasti akan lebih kreatif. Ketika mandi, Sobat tidak dalam keadaan terburu-buru dan otak bekerja dengan lebih tenang serta rileks.

Kondisi tersebut yang membuat otak Sobat encer dalam menghasilkan ide, serta solusi untuk kehidupan Sobat.

Tingginya produksi hormon dopamin

Terakhir yaitu, adanya hormon dopamin yang dilepaskan. Dopamin sendiri merupakan hormon yang ada di otak dan berperan untuk mengatur emosi Sobat dalam berkegiatan sehari-hari.

Baca Juga : Tanggapan Warga Milenial Tentang Kreativitas ‘Warga Milenial’

Hormon ini sangat penting untuk memunculkan kreativitas pada diri Sobat Milenia. Hormon ini akan muncul saat Sobat merasa santai, misalnya saat mendengarkan musik, berolahraga, serta mandi.

Ternyata, dengan mandi, dapat menjadi salah satu cara termudah untuk meningkatkan dopamin yang dikeluarkan oleh tubuh. Mandi dengan air bersuhu dingin, dapat meningkatkan dopamin sampai dengan 250%.(Mio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here