Samsung Luncurkan Chipset SGRAM GDDR6X Terbaru

Samsung Luncurkan Chipset VRAM GDDR6X Terbaru

Milenianews.com – Samsung nampaknya sudah mulai melakukan pengetesan untuk chipset memory grafis generasi terbaru mereka. Saat ini perusahaan sudah melakukan pengetesan kecepatan chipset dari SGRAM GDDR6X.

Chipset SGRAM GDDR6X ini akan memiliki kecepatan yang cukup jauh lebih tinggi dari GDRR6. Samsung menggunakan sampel model 16Gb dan beroperasi pada kecepatan transfer data 20 Gbps dan 24 Gbps.

Mereka menggunakan chipset memory K4ZAF325BC-SC20 dan K4ZAF325BC-SC2. Kode ini juga sudah tercantum di katalog produk Samsung. Artinya, Samsung melakukan tes pada produk resmi bukan chipset engineering sample.

Baca Juga : Lagi, Samsung Garap Film dengan Galaxy S21 Ultra 

Tom’s Hardware (20/12) melaporkan bahwa chip Samsung GDDR6 SGRAM 16Gb 20 Gbps dan 24 Gbps akan hadir dalam paket FBGA 180-pin. Chip ini kompatibel dengan kartu grafis yang tersedia saat ini, yang akan berjalan dengan software dan pengontrol baru.

Ini tentunya cukup mengejutkan banyak pihak karena. Hal ini karena sebelumnya NVIDIA pernah berkata bahwa GDDR6 tidak akan dapat memiliki kecepatan lebih dari 19,5 Gbps. Dan Samsung dapat melalui pernyataan tersebut dengan menggandeng Micron untuk membuat chipset baru.

Chip SGRAM GDDR6X tersebut dapat menyediakan bandwidth hingga 768 GBps melalui bus 256-bit. Ini juga sangat berbanding terlbalik dengan AMD Radeon RX 6900 XT yang memiliki bandwidth 512 GBps.

Baca Juga : Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Hadir Dengan Chip Tensor

Tapi, sampai saat ini masih belum ada informasi terkait chipset GPU mana saja yang benar-benar dapat memaksimalkan potensi SGRAM GDDR6X ini. NVIDIA kabarnya masih akan menggunakan chip memori grafis yang mereka pakai saat ini.

Mungkin satu-satunya harapan ada di AMD unutk menggunakan SGRAM GDDR6X dengan kecepatan tinggi ini di GPU yang menggunakan arsitektur RDNA 3. Sayang, hingga saat ini masih belum ada pernyataan resmi dari pihak NVIDIA terkait dengan kehadiran chipset VRAM baru ini.

Respon (16)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *