Event  

Seminar The 9th MICE Discovery Kembali Terselenggara Secara Online

Seminar online the 9th mice discovery

Jakarta, Milenianews.com – The 9th MICE Discovery kembali terselenggara pada tahun ini, dengan kegiatan seminar online tanpa pameran yang sudah terlaksana sebanyak 7 kali secara offline.

Seminar online berskala nasional ini, bertemakan “OptiMICE: Breaking Through the Survival Mode” yang berlangsung pada Sabtu (11/12) melalui zoom. Kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh mahasiswa Diploma 4 (D4) Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2019, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Baca Juga : Mahasiswa STP Trisakti Gelar The 8th MICE Discovery 2020

Selama pandemi Covid-19, seminar terselenggara secara online. Terhitung sudah ada 2 jilid 8 & 9 yang terselenggara secara online. Akan tetapi, tetap berlangsung dengan meriah, karena panitia mengemasnya secara menarik dan tetap memberikan manfaat bagi para peserta.

Topik pada Mice Discovery jilid 9 ini, mengangkat tentang kunci sukses mengelola acara MICE proyek asosiasi, instansi pemerintah, dan perusahaan yang diselenggarakan secara offline, online, maupun hybrid.

Terdapat dua pembicara yang hadir pada seminar online, pertama Dian Putra Purnomo, Event & Project Director ICAN Media Network sekaligus Ketua Tim Komunikasi dan Publikasi Pusat Pengembangan Pemuda dan Olahraga Nasional.

Narasumber kedua ada Susi Nurliah yang merupakan Project Director PT Arfa Kreasi Expotama. Dengan moderator Monalisa Ek Shinta, sebagai akademisi dan praktisi MICE.

Kreativitas dan Inovasi Teknologi, menjadi kunci utama suksesnya penyelenggaraan event MICE secara online

the 9th mice discovery
Foto : Kegiatan Seminar The 9th MICE Discovery yang berlangsung secara online.

Menurut Dian, pembicara pertama, hampir semua kegiatan dengan client asosiasi, instansi pemerinta, maupun perusahaan mengalami operasional yang drastis selama pandemi. Biasanya kegiatan terselenggara full offline. Namun menjadi online, dan berkembanga perlahan menjadi hybrid.

Ia menuturkan, ada bebera kunci agar kegiatan online berlangsung menarik. “Kunci sukses acara hibridia adalah penampilan materi secara menarik, kualitas audio dan video yang disiapkan, serta tampilan menarik dalam seluruh rangkaian acara,” katanya, dalam paparan materinya, Sabtu (11/12).

Akan tetapi, hadirnya pandemi juga membuka peluang baru bagi industri MICE. Ada beberapa strategi yang perlu menjadi perharian agar suatu event bisa berjalan sukses.

“Pertama harus memperhatikan kebutuhan klien, promosi melalui seluruh media. Lalu pengemasan pelaksanaan event harus semenarik dan sebaik mungkin,” ujar pembicara kedua, Susi Nurliah.

Selain itu, pikiran positif, kreativitas dan inovasi dari segi teknologi, harus selalu menjadi hal utama dalam membuat kegiatan menjadi menarik.

Seminar The 9th MICE Discovery sendiri, dihadiri oleh 336 orang di sesi 1 dan 254 orang di sesi 2 yang berasal dari kalangan pelajar, guru Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Pariwisata dan Perhotelan, dosen dari perguruan tinggi program studi MICE atau pariwisata.

Selain itu, ada juga para profesional dari Event Organizer (EO), Professional Conference Organizer (PCO), Professional Exhibition Organizer (PEO). Lalu ada dari asosiasi, himpunan, instansi pemerintah, instansi perguruan tinggi, media, dan sponsor terkait MICE.

Seminar The 9th MICE Discovery mendapatkan dukungan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, DPP Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI). Kemudian juga dari  DPP Indonesian Tour Leaders Assosication (ITLA), DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DKI Jakarta, Jakarta Tourism Forum.

Baca Juga : The 8th MICE Discovery 2020, Sedot Antusias Peserta Meski tanpa Pameran

Selanjutnya dukungan datang dari DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Palembang, Ikatan Alumni Pariwisata Trisakti (IKAPTRI), Trisakti School of Management, dan Institut Transportasi dan Logistik Trisakti.

Acara ini juga bekerja sama dengan media partner dari Venue Magazine, Sunday Magazine, GenPi.co, MileniaNews, ERA FM UNJ, UKM PERS STP Trisakti, Event Jakarta, Event Mahasiswa 8, Event Apa Aja, dan Jadwal Event. Acara ini disponsori oleh Inez Cosmetics, PT Torabika, HiC1000, dan Bapak Handojo Soesilo.(Rifqi Firdaus)

Respon (12)

  1. Bener banget. pikiran positif, kreativitas dan inovasi dari segi teknologi, harus selalu menjadi hal utama dalam membuat kegiatan menjadi menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *