Jika Mendapat Vaksin Penuh, Amankah untuk Traveling? Berikut Kata CDC

Milenianews.com – Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah merilis Pedoman baru pada 8 Maret 2021. Pedoman ini berisi jika orang yang telah mendapatkan vaksinasi penuh dapat bergaul dengan orang lain yang telah vaksinasi lengkap di dalam ruangan dalam jarak enam kaki dan tanpa masker. Namun, Bagaimana dengan Traveling? Apakah jika sudah mendapat vaksin penuh bisa traveling? 

CDC juga memang sudah menyatakan bahwa sobat milenia sudah bisa memeluk teman yang baru memiliki satu suntikan vaksin. Terutama selama mereka tidak berisiko tinggi terkena penyakit parah.

ADOP

Namun melansir dari Bustle(28/5), untuk traveling atau berpergian usai vaksin, CDC belum memperbarui pedomannya. Menurut CDC, meskipun kita telah mendapatkan vaksin, rekomendasi perjalanan CDC tetap sama yakni orang harus menunda perjalanan dan tetap di rumah.

Hal tersebut karena status vaksin hanya melindungi sobat milenia saja, bukan melindungi orang-orang di sekitar kita.

“Setelah kita divaksinasi penuh, kecil kemungkinan kami akan sakit karena Covid-19,” kata Dr. Natasha Bhuyan, M.D., direktur medis regional One Medical.

Baca Juga : Vaksinasi Bagi Tenaga Pendidik Untuk Kembali Membuka Sekolah Tatap Muka

“Namun, kita belum tahu apakah kita bisa terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan menyebarkannya ke orang lain, meskipun itu tidak mungkin berdasarkan bukti yang muncul,” imbuhnya.

Dr. Bhuyan menjelaskan bahwa kita harus tetap waspada dan penuh perhitungan. Misalkan tentang mempertimbangkan kemana kita akan pergi dan bagaimana kita sampai sebelum bepergian.

“Risiko perjalanan tergantung pada metode transportasi, tingkat kasus regional. Serta strategi mitigasi dari lokasi yang Anda kunjungi,” ujarnya.

Pilih perjalanan mobil dengan orang-orang lain yang telah mendapatkan vaksin penuh lebih aman dari transportasi umum. Kemudian kita tidak mengetahui faktor risiko atau status vaksinasi sekitar kita. Bisa saja ada orang yang membawa peliharaan, atau orang belum vaksin.

Jadi meski sudah vaksin, sobat milenia harus tetap sangat berhati-hati. Tetap menggunakan masker, menghindari kerumunan dan menjaga jarak tempat umum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here