Vaksinasi Bagi Tenaga Pendidik Diprioritaskan

Milenianews.com, Jakarta – Kemendikbud RI melaksanakan siaran langsung untuk memberikan pengumuman melalui YouTube Kemendikbud RI pada Selasa (30/3). Selain membahas tentang sistem penyelenggaraan pada masa pandemi, juga membahas tentang prioritas Vaksinasi Bagi Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan.

Kegiatan bertajuk “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19” ini juga membahas tentang seberapa penting tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk menjadi salah satu prioritas negara dalam upaya mengakselerasi pembelajaran tatap muka. 

ADOP

Vaksinasi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan targetnya akan selesai pada akhir Juni 2021. Sehingga pembelajaran tatap muka sudah bisa berlangsung pada bukan Juli 2021. Secara rinci, Mendikbud menjelaskan bahwa vaksinasi untuk tenaga pendidik PAUD, SD, dan pesantren paling lambat pada akhir pekan kedua bulan Mei 2021.

Tahap berikutnya adalah tenaga pendidik SMP, SMA, SMK yang berjalan paling lambat akhir pekan keempat Mei 2021. Kemudian untuk tenaga pendidik di institusi pendidikan tinggi paling lambat pekan kedua Juni 2021.

Sumber : YouTube Kemendikbud RI

Baca Juga : Pembelajaran Tatap Muka Kembali Buka Juli 2021

Dengan demikian, pada Juli 2021 mendatang semua tenaga pendidik sudah mendapat vaksinasi. Ini sangat penting untuk mempercepat pembukaan kembali sistem pembelajaran tatap muka. 

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pemerintah memprioritaskan petugas publik dan kaum lansia untuk menerima vaksin.

“Dari seluruh mereka yang masuk katagori petugas publik, maka pendidik yang dapat prioritas paling banyak, yaitu sebanyak 5.659.560 orang. Mereka yang ditargetkan selesai divaksinasi pada akhir Juni,” kata Budi.

Dengan demikian, menurut dia, proses belajar mengajar secara tatap muka bisa segera dilakukan kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here