Beranda Lifestyle Kesehatan Hindari Makanan dan Minuman ini Saat Berbuka dan Sahur

Hindari Makanan dan Minuman ini Saat Berbuka dan Sahur

Milenianews.com – Hindari makanan dan minuman ini saat berbuka dan sahur, agar ibadah puasa jadi lancar. Ramadhan akan segera datang dalam hitungan hari, menjaga pola hidup sehat sangat penting bagi tubuh. Asupan makanan dan minuman perlu diperhatikan saat makan sahur dan saat berbuka.

Saat berpuasa tubuh akan mengalami detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Untuk menjaga tubuh dalam keadaan sehat dan bugar maka perlu hindari beberapa makanan dan minuman berikut saat buka puasa dan sahur.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut saat Berpuasa

Hindari makanan dan minuman ini

junkfood
Foto : Makanan junkfood.

Makan gorengan saat berbuka

Memakan jenis makanan yang melewati proses penggorengan akan memperberat kerja organ percernaan tubuh, akibatnya tubuh jadi lelah.

Minuman yang hanya mengandung sukrosa

Teh manis salah satu minuman yang hanya mengandung sukrosa. Akan tetapi saat berbuka tubuh perlu menaikkan kadar gula darah menjadi stabil, maka sukrosa saja tak cukup.

Kita perlu minuman yang juga mengandung glukosa dan fruktosa. Konsumsi kurma sangat disarankan saat berbuka, karena mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Selain itu, bagus juga jus mangga, pisang dan pepaya.

Makanan dengan lemak tinggi

Pilih makanan yang mudah cerna oleh lambung. Pilih makanan yang mengandung protein rendah lemak agar tubuh tak mudah lelah. Makanan yang tinggi lemak antara lain makanan yang digoreng.

Makanan yang merangsang asam lambung

Berbuka dan sahur perlu hindari makanan dan minuman yang merangsang asam lambung meningkat.

Diantaranya, makanan pedas, asam, terlalu manis dan mengandung kafein.

Makanan mengandung gas

Hindari makanan yang mengandung gas, seperti nangka, kol, durian dan minuman berkarbonasi.

Makanan berkalori tinggi

Kalori tinggi menyebabkan dehidrasi dan akan mengganggu metabolisme tubuh saat detoksifikasi.

Baca Juga: Tips Sehat Raga & Pikiran Jalani Puasa Ramadhan di tengah Pandemi

Saat puasa, usahakan mengonsumsi makanan yang seimbang bagi tubuh.

Agar dapat beraktivitas dengan lancar, perlu mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah dan serat sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing. (Umi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Film Rentang Kisah Versi Extended Tayangkan Scene yang Belum Ada Sebelumnya

Milenianews.com - Jelang Idul Fitri 2021, Klik Film secara ekslusif menghadirkan film drama religius berjudul Rentang Kisah Extended. Film yang mengadaptasi dari perjalanan hidup...

Clubhouse Beta Versi Android Sudah ada di Google Play Store

Milenianews.com - Clubhouse menjadi sangat populer di awal tahun ini terutama di kalangan pengguna perangkat iOS. Aplikasi obrolan grup khusus audio ini mengharuskan penggunanya...

PlayStation 5 Siap Produksi Kembali Tahun 2022

Milenianews.com - Ketika Sony mengeluarkan PlayStation 5, konsol ini langsung menjadi populer dan menjadi incaran para gamers. Hal ini membuat Sony kekurangan stok dan...

Tom Clancy’s The Division Mobile Siap Meluncur

Milenianews.com - Hadir dengan tema pandemi virus yang pertamakali menyebar dari uang, kisah Tom Clancy’s The Division semakin melebar. Awalnya bercerita tentang penyelamatan warga...