Beranda Lifestyle Gojek dan Tokopedia Sepakat Akan Merger

Gojek dan Tokopedia Sepakat Akan Merger

Milenianews.com – Kabar tentang merger Gojek dan Tokopedia kembali jadi bahan perbincangan. Pasalnya, Kedua startup tersebut menurut laporan D-Insight(16/3) telah menandatangani perjanjian penjualan dan pembelian bersyarat (Conditional Sales and Purchase Agreement/CSPA), sebagai tahapan menuju kesepakatan merger.

Laporan yang sama menyebutkan investor Gojek mengharapkan kepemilikan saham 60% di entitas hasil merger. Sementara sisanya (40%) menjadi milik Tokopedia. Merger ini akan menciptakan super-app terlengkap di Indonesia. Mulai dari ride-hailing, e-commerce, mobile payment hingga layanan bank digital.

Baca Juga : Prediksi Opensignal Jika Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia Merger

- Advertisement -

D-Insight juga melaporkan merger antara Gojek dan Tokopedia akan menghasilkan Valuasi entitas mencapai US $ 35-40 miliar. Artinya menghasilkan sepertiga dari kapitalisasi pasar Sea Group saat ini yang hampir US $ 120 miliar.

Meski demikian, merger antara Gojek dengan Tokopedia, mengingat statusnya sebagai market leader di lini bisnisnya masing-masing, bisa jadi akan memberikan impact yang baik terhadap Sea Group.

- Advertisement -

Jumlah tersebut juga berpotensi menjadikan kedua perusahaan ini menjadi perusahaan dengan nilai tertinggi di Indonesia. Dalam hal kapitalisasi pasar di BEI setelah bank BCA dan BRI.

Startup besutan Nadiem Makarim itu bahkan menunjuk Goldman Sachs sebagai konsultan negosiasi merger dengan Tokopedia.

Tak hanya dengan Tokopedia, Gojek sempat diisukan akan bersatu dengan Grab. Kabar ini sempat mencuat meski akhirnya tak mencapai kesepakatan. Sementara dengan menggandeng Tokopedia, Gojek berharap dapat memperlancar akses ke publik. Sebab, dengan memiliki bisnis e-commerce akan menjadi daya tarik perusahaan bagi investor.

4 KOMENTAR

  1. Sepertinya merger kali ini lebih menjanjikan untuk berhasil. Karena Gojek dan Tokopedia itu memiliki bisnis yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tom Holland Tanggapi Rumor Trilogi Spider-Man Baru

Milenianews.com - Spider-Man: No Way Home belum lama ini memiliki rumor jika Spider-Man masih akan berada di Universe MCU (Marvel Cinematic Universe). Kabarnya film...

Sendiri yang Ramai

Oleh : Miss Karhan Semua kusut tak dapat ku urai, Hanya air mata Menjelaskannya lewat derai Bibirku diam tanpa ucap, Batinku asik sendirian Bercakap cakap Riuh sekali pikiranku, Sedang aku...

Universitas Nusa Mandiri Sosialisasikan Pencegahan HIV/AIDS dengan Talkshow

Milenianews.com, Jakarta - Tanggal 1 Desember menjadi tanggal peringatan Hari AIDS Sedunia. Seiring dengan peringatan hari AIDS sedunia, Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengadakan talkshow...

Disney Anggarkan Rp437 triliun Untuk di Tahun 2022

Milenianews.com - Disney mengungkapkan rencana mereka untuk satu tahun 2022 dengan anggaran konten streaming menjadi USD33 miliar atau sekitar Rp473 triliun. Jika kita bandingkan dari anggaran...