Webinar MGBK Surakarta

Milenianews.com, Jakarta – Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMK Kota Surakarta, gelar webinar yang berkolaborasi dengan kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Jumat (15/1).

Webinar Nasional ini bertajuk “Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa dan Workshop Bahan Ajar Multimedia Interaktif pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru 2021″. Digelar secara live via Zoom, dan channel Youtube Kuliah BSI Aja.

ADOP

Pendidikan saat ini, tak hanya menjadi kegiatan untuk menambah ilmu pengetahuan saja. Lebih jauh dari itu, bisa menjadikan hidup lebih berkualitas. Proses pendidikan karakter menjadi aspek yang penting sehingga pendidikan nasional harus memiliki tujuan. Dengan capaian  sikap spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan.

Baca Juga : MGBK Karanganyar Gelar Webinar Untuk Seluruh Guru BK

Hari Wuljanto selaku Plt. Kadin Dikbud Provinsi Jawa Tengah, hadir sebagai keynote speaker. Serta Galih Setiawan Nurohim dan E Widijo Hari Murdoko sebagai narasumber.

Peran guru BK akan lebih ekstra dalam masa pandemi

Hari menyampaikan tentang tantangan penyelenggaraan pendidikan di era pandemi dan peran dari guru BK (Bimbingan Konseling) agar dapat memelihara semangat belajar siswa/i.

“Di masa pandemi COVID-19 ini, kita mendapat banyak tantangan. Apalagi dalam dunia pendidikan untuk menyediakan pendidikan yang lebih terjangkau. Pendidikan yang mampu dijangkau lebih banyak orang dan pendidikan yang dapat memberikan pengalaman baru dalam belajar,” tuturnya, Jumat (15/1).

Ia pun menegaskan peran guru-guru BK akan lebih ekstra. Harus berperan dalam melaksanakan bimbingan konseling secara terus-menerus demi memelihara semangat belajar siswa.

Selain itu, webinar dari kampus UBSI juga memberikan pemateri. Yakni Galih Setiawan Nurohim. Ia membagikan materi pembuatan media pembelajaran yang menarik untuk bekal guru-guru BK SMK Kota Surakarta.

Baca Juga : UBSI Bersama MGBK SMK Kabupaten Bogor Akan Gelar Webinar

Galih mengatakan para guru perlu persiapan media pembelajaran. Agara siswa bisa fokus pada sistem pembelajaran yang disampaikan guru.

“Dengan menyiapkan media pembelajaran, membuat pengelompokkan media pembelajaran. Mulai dari menyiapkan media visual, audio, audio-visual, multimedia dan media realita. Maka siswa bisa lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran. Mereka juga akan lebih mudah dalam mencerna materi yang guru sampaikan,” ujar Galih.(Rifqi Firrdaus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here