Dosen UBSI Hibahkan Aplikasi Untuk Pengelolaan Zakat DKM Masjid Syuhada

UBSI Hibahkan Aplikasi

Milenianews.com, Pontianak – Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Baik itu mahasiswa, maupun dosen. Dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kampus Pontianak laksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu tri dharm perguruan tinggi. Diselenggarakan di Masjid Syuhada Jl. Danau Sentarum, Kecamatan Pontianak, Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Sabtu, (7/12). Pada pengabdian masyarakat kali ini, dosen UBSI hibahkan aplikasi pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah. Serta memberikan pelatihan pemanfaatan sistem informasi pengelolaan Zakat, Infaq dan Sadaqah kepada pengurus dan bendahara Masjid.

Penyerahan Hibah Aplikasi Pengelolaan Zakat (Sumber : dok. UBSI)

Aplikasi ini sendiri dirancang oleh dosen dan mahasiswa UBSI kota Pontianak yang terdiri dari Ardiansyah sebagai ketua tim pengabdian masyarakat, dan melibatkan M. Syarif, Weiskhy S. Dharmawan, Latifah, Kartika Handayani, Erni, dan melibatkan juga dua orang mahasiswa.

Ardiyansyah berharap aplikasi yang di hibahkan dosen UBSI mampu membantu dan mempermudah pengelolaan zakat dan shadaqah di DKM Masjid Syuhada. Serta UBSI mampu berkontribusi di masyarakat dengan aplikasi lainnya.

“Diharapkan Aplikasi ini dapat membantu Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Syuhada dalam mengelola amanah ummat berupa Zakat, Infaq, Sadaqah sehingga dapat dicatat, dihitung, dikelola, diarsipkan dan dilaporkan dengan lebih mudah dan efisien. Kedepan kami harapkan aplikasi ini dapat kami berikan kepada pengeloa Masjid lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Pengerahan tentang penggunaan aplikasi pengelolaan zakat (Sumber: dok. UBSI)

Baca Juga : Mahasiswi UBSI Pontianak Juara 1 Lomba PCTA tingkat Nasional 2019

Apresiasi Bendahara DKM Masjid Syuhada Terhadap UBSI Atas Aplikasi yang di Hibahkan

Sementara menurut Edi Faisal selaku Bendahara Masjid Syuhada, menuturkan aplikasi yang diberikan dapat membantu melakukan pelaporan dan transparansi dana ummat.

“Saya selaku bendahara masjid sangat terbantu dengan adanya aplikasi yang diberikan dosen UBSI kampus Pontianak. Saya memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para dosen dan mahasiswa yang memperhatikan Masjid Syuhada agar dana dari ummat dapat dicatat dan dikelola dalam bentuk digital. Sehingga transparansi lebih terjaga,” tutur Edi

Ia berharap semoga kedepannya UBSI Pontianak dapat melakukan kegiatan serupa secara berkesinambungan dan dapat membantu pengelola Masjid lainnya di kota Pontianak dalam memanfaatkan teknologi yang ada saat ini guna memudahkan para pengelola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *