NASA kembangkan Shapeshifter untuk Jelajahi Titan, Satelit yang Mirip Bumi

Nasa kembangkan Robot Shapeshifter

Milenianews.com, Jakarta – NASA sedang kembangkan prototipe robot terbaru untuk misi penjelajahan objek luar angkasa mereka. Robot tersebut dinamai Shapeshifter. Ukurannya mini, tapi kemampuannya disebut bisa terbang, mengapung dan berenang.

Saat ini, Shapeshifer sedang dalam tahap uji konsep di Jet Propulsion of Laboratory (JPL) NASA di California, AS. Bentuknya sendiri seperti drone yang terbungkus bola seperti hamster. 

Baca Juga : ‘Kerdil Putih’ Pecahan Planet Besar : Bantu Amati Apa Yang Terjadi Saat Matahari kita Mati

Bola tersebut bisa terbagi dua dan menjadi drone yang bisa terbang mengeksplorasi udara. NASA telah mencetak prototipenya dengan cetakan 3D.

“Bagian yang dicetak 3D ini hanyalah permulaan, tim membayangkan serangkaian hingga 12 robot yang bisa berubah menjadi wahana renang atau tim penjelajah goa,” tulis NASA dalam laman webnya.

Robot ini terdiri dari beberapa bagian robot yang disebut “cobot” yang bisa merakit dirinya sendiri menadi robot besar. Tak hanya itu, masing-masing cobot juga bisa bergerak sendiri atau bersamaan sesuai perintah.

Titan Punya Kemiripan dengan Bumi

Kepala Investigator JPL NASA Ali Agha mengatakan, destinasi yang ideal bagi Shapeshifer yakni satelit milik Saturnur, Titan.

Selama beberapa tahun kebelakang, dari hasil misi Cassini, Titan punya kemiripan dengan Bumi. “Titan memiliki siklus cair namun bukan air, tapi mengair metana dan etana,” lanjutnya.

Baca Juga : NASA Eksplor Satelit Saturnus, Titan Siapkan Hunian Masa Depan Manusia

“Jadi, kami memikirkan cara membuat sistem yang serbaguna dan mampu melintasi berbagai jenis medan tetapi juga cukup kompak untuk diluncurkan dengan roket.”

Robot ini juga bisa menangkau lokasi yang sulit dikunjungi. (Ikok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *